Jaga Fiskal Daerah dengan Inovasi Local Wisdom

LENSAKALTENG. com - Palangka Raya - Palangka Raya - Anggota DPRD Palangka Raya Norhaini menekankan agar pemerintah daerah setempat, dapat terus be

Sigit K. Yunianto Apresiasi Program Bansos Terdampak Covid-19
Jalan dan Drainase di Palangka Raya Harus Memadai
Sambut Baik Pembangunan Infrastruktur Didukung Peralatan Canggih

Norhaini

LENSAKALTENG. com – Palangka Raya – Palangka Raya – Anggota DPRD Palangka Raya Norhaini menekankan agar pemerintah daerah setempat, dapat terus berupaya menjaga stabilitas kemampuan fiskal daerah dengan menciptakan berbagai inovasi. Hal itu dilakukan kata dia, guna menghadapi berbagai gejolak perubahan yang sulit diprediksi sepanjang tahun 2022.

Menurutnya, melalui inovasi-inovasi tersebut setidaknya akan menjadi pertimbangan signifikan bagi pemerintah pusat untuk menentukan besaran dana insentif bagi daerah.

“Jadi, Pemerintah Kota Palangka Raya dalam hal ini harus mampu mempertahankan fiskal daerahnya. Inovasi-inovasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah bisa jadi poin penilaian,” katanya, Jumat (29/4/2022).

Tidak bisa dipungkiri lanjut srikandi DPRD Palangka Raya dari Partai Golkar ini, untuk memahami penilaian inovasi sejauh ini masih dinilai subjektif. Oleh karena itu pemerintah pusat diharapkan turut membuat rumusan kriteria yang terdiri sejumlah indikator yang jelas dan akuntabel dengan mempertimbangan keunikan daerah.

“Hal ini penting untuk meminimalisir subjektivitas dalam penilaian yang nantinya berpengaruh pada penentuan dana insentif setiap daerah,”ujar Norhaini.

Menurutnya legislator yang duduk di Komisi C tersebut, keunikan daerah (local wisdom) yang jika dikelola dengan serius, akan berpotensi menjadi inovasi daerah. Bila sudah dijadikan inovasi, maka secara tidak langsung akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi daerah.

“Pemerintah kota harus dapat melihat peluang tersebut, karena Palangka Raya sejatinya mempunyai local wisdom yang dapat dijadikan inovasi-inovasi yang mumpuni demi menjaga fiskal daerah,”pungkasnya.(VD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: