Kasus DBD Dapat Perhatian Serius Di Pulang Pisau 

FOTO: Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Pisau Drg. Sopiyah MM saat ditemui di ruangannya, Senin (04/04/2022). LENSAKALTENG.com - PULAN

10 Peserta Ikuti Pelatihan Sablon Di Pulang Pisau
Bupati Pulang Pisau Buka Forum Rapat Gabungan Perangkat Daerah
Mobil Feroza Terbakar di Jalur Lintas Kalimantan

FOTO: Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Pisau Drg. Sopiyah MM saat ditemui di ruangannya, Senin (04/04/2022).

LENSAKALTENG.com – PULANG PISAU – Kasus demam berdarah dengue (DBD) yang terjadi di Kabupaten Pulang Pisau mendapat perhatian serius Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau. Hal ini Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau Drg. Sopiyah MM mengajak masyarakat untuk melakukan pencegahan serangan penyakit DBD.

Drg. Sopiyah menjelaskan gerakan 3M plus itu yakni menutup, menguras dan mengubur atau mendaur ulang barang bekas. Selanjutnya, plusnya memakai kelambu saat tidur,

“Caranya dengan melakukan gerakan 3M plus di lingkungan rumah. Yang juga perlu diperhatikan, jangan menggantung baju yang sudah dipakai. Karena itu merupakan tempat yang disukai nyamuk,” katanya, Senin (04/04/2022).

Drg. Sopiyah juga mengungkapkan, dengan melakukan pengurasan bak-bak penampung air, seperti bak mandi dan lain-lain itu dapat mencegah jentik menjadi nyamuk. Karena jentik DBD menjadi nyamuk dalam waktu 7-10 hari.

Untuk itu, lanjut Sopiyah, sangat dianjurkan menguras bak penampungan air dilakukan setiap Minggu. Sehingga jentik nyamuk pembawa DBD tidak bisa berkembang. Pencegahan ini yang dapat kita lakukan.

Ia juga menegaskan, pembasmian nyamuk dengan melakukan fogging bukan cara untuk mencegah DBD.  Karena terkadang masih ada anggapan banyak orang, jika fogging pasti tidak akan ada DBD. Padahal dengan fogging tetap bisa DBD lantaran fogging tidak membunuh jentik. Fogging hanya membunuh nyamuk dewasa.

Kemudian, lanjut dia, fogging yang dilakukan pun adalah fogging fokus dengan jarak 200 meter dari rumah penderita. Untuk mencegah DBD yang harus dilakukan adalah pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yaitu dengan 3M plus. (fjr/ono)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: