Berharap BUMDES jadi Motor Penggerak Kemajuan Daerah

LensaKalteng.com – Tamiang Layang – Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas, mengatakan keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) ini harus mampu men

Miliki Ratusan Zenith Preman Kampung Ditangkap
Terkait Pembukaan Lahan Pertanian, Ini Pinta Kadis Pertanian
PWI Bartim Renggut Juara 3 Futsal

Foto : Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas melakukan foto bersama dengan Bupati Sukamara, Windu Subagio didampingi para pejabat dari Sukamara dan Kabupaten Barito Timur.

LensaKalteng.com – Tamiang Layang – Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas, mengatakan keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) ini harus mampu menjadi titik awal perubahan. Terlebih, pada ranah ekonomi dan kesejahteraan Desa lebih baik.

Kegiatan kunjungan kerja di tiga Kabupaten Daerah ini, dipimipin langsung Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas, didampingi Tim Ekonomi Kerakyatan bersama seluruh Kepala Desa di Kabupaten Barito Timur.

“Dari kunjungan kerja ini kita berharap BUMDes bisa bersaing dan bergerak maju, serta mampu menjadi sumber pendapatan asli daerah,” kata Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas, Jumat (20/5/2022).

Bupati menjelaskan, BUMDes perlu dilibatkan dalam transformasi ekonomi di Desa sebagai salah satu pendorong ekonomi pedesaan. BUMDes juga perlu bertransformasi merambah pasar-pasar global dan ekspor.

“Presiden RI Joko Widodo telah menyampaikan itu saat rapat koordinasi BUMDes beberapa waktu yang lalu,” ujar bupati.

Dirinya menegaskan, pihaknya terus berupaya mendorong masyarakat untuk membangun dan menjadikan desa sebagai basis kegiatan ekonomi yang produktif yang memacu pertumbuhan usaha-usaha baru yang dibutuhkan masyarakat.

Usaha itu bisa bergerak di sektor pertanian, perindustrian, kontruksi, pertambangan, produk UMKM maupun lainnya. Salah satu desa di Kabupaten Barito Timur telah membuat kemajuan dengan membuat BUMDes Mart.

“Saya juga berharap agar apa yang didapati di Kabupaten Sukamara ini, bisa menjadi bahan informasi dan pengetahuan untuk mengembangkan BUMDes di Kabupaten Barito Timur,” ungkap Ampera A.Y Mebas.

Pemerintah Kabupaten Barito Timur, sangat mendukung dengan adanya BUMDes di Kabupaten Barito Timur ini untuk bisa berkerjasama dengan pihak-pihak perusahaan yang ada di wilayah setempat.

“Di kabupaten Barito Timur juga akan segera terbentuk BUMDes bersama,” jelas bupati.

Turut mendampingi kunjungan kerja Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas beberapa Kepala Dinas, Kepala Desa dan pengurus BUMDes. Kunjungan kerja tersebut diterima langsung oleh Bupati Sukamara, Windu Subagio berserta jajarannya. (ags/Yss)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: