Sigit : Setiap Rumah Bisa Jadi Sekolah

LENSAKALTENG. com - Palangka Raya- Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto, memberikan ucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pad

Sigit K Yunianto : Mengimbau Seluruh Masyarakat Tidak Mudah Terprovokasi Isu SARA
FBIM Berdampak Positif pada Perekonomian
Kenaikan Harga BBM  Bisa Membebani  Masyarakat

Sigit K Yunianto

LENSAKALTENG. com – Palangka Raya- Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto, memberikan ucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada seluruh insan pendidik dan peserta didik yang ada Kota Palangka Raya.

Menurutnya, dimomen Hardiknas yang tepat jatuh pada tanggal 2 Mei yang lalu, diharapkan dapat mendorong dunia pendidikan Indonesia, khususnya di Kota Palangka Raya, untuk semakin maju.

Ia menilai kunci majunya pendidikan tak hanya ada pada pemerintah, guru ataupun peserta didik, namun seluruh elemen bangsa, sebagaimana semangat yang digaungkan Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara.

“Ki Hajar Dewantara pernah menyampaikan bahwa setiap orang bisa menjadi guru, dan setiap rumah bisa menjadi sekolah. Itu artinya pendidikan dapat dilakukan dimanapun, kapanpun dan oleh siapapun,” kata Sigit, Rabu (4/5/2022).

Pria yang kini menjabat sebagai Sekretaris PDI Perjuangan ini mencontohkan, orang tua di rumah bisa berperan mengajarkan anaknya. Apalagi di masa pandemi Covid-19 selama ini, dimana sekolah dapat digelar secara daring, maka peran orang tua sangat penting bagi perkembangan anak.

“Harus diingat, guru pertama bagi setiap anak adalah orangtua,”kata Sigit.

Meski demikian, Ketua Umum ADEKSI ini menegaskan, peran pemerintah tetap sangat penting guna mendorong pendidikan yang berkualitas dan merata di seluruh daerah.

“Provinsi Kalteng memiliki sekitar 27,94 persen generasi muda dari total populasi penduduknya. Mayoritas generasi muda ini sering disebut bonus demografi. Ini kesempatan luar biasa, karena kemajuan bangsa tergantung kemajuan manusianya,” pungkas Sigit.(VD)
.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: