Perkuat Upaya Preventif dan Edukatif Cegah Narkoba

LENSAKALTENG.com - Palangka Raya - Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), diperingati setiap tanggal 26 Juni. Peringatan HANI sebagai upaya memp

Infrastruktur Jalan Rusak Dalam Kota Mulai Dikerjakan
Koperasi Harus Beradaptasi dengan Perkembangan Jaman
Apresiasi Pemko Raih Penghargaan Vaksin Covid-19 dan Penanganan PMK

Foto : Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Susi Idawati

LENSAKALTENG.com – Palangka Raya –
Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), diperingati setiap tanggal 26 Juni. Peringatan HANI sebagai upaya memperkuat aksi universal serta menumbuhkan kesadaran masyarakat akan bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Peringatan HANI diharap menjadi momentum untuk memperkuat upaya pencegahan serta menginformasi kepada semua kalangan mengenai bahaya peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba,”ungkap anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Susi Idawati, Minggu (26/6/2022).

Lebih lanjut srikandi DPRD Palangka Raya dari Partai Nasdem ini mengatakan, strategi yang sifatnya edukatif harus dilaksanakan secara intensif guna menghasilkan kehidupan sosial yang bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Disisi lain, kerja cepat dan kerja hebat dalam memberantas narkoba harus dilakukan dengan melakukan tindakan preventif dan edukatif. Contohnya, sedari awal memberikan edukasi tentang bahaya narkoba terhadap anak usia dini, memberikan nilai-nilai keagamaan agar dapat membedakan mana tindakan yang baik atau buruk.

“Juga harus ada kesepahaman dengan semua elemen. Melakukan kerjasama baik dalam proses ketika direncanakan, diadakan dan ketika dilaksanakan,” tambah Susi.

Tak kalah pentingnya sambung dia, penegakkan dan tindakan hukum terhadap para bandar narkoba sangat penting dilakukan semua unsur pemerintah, untuk memberikan efek jera terhadap para pelaku narkoba. Terutama terhadap orang-orang yang terlibat dalam mendukung peredaran narkoba.

Akan sangat percuma apabila dalam proses penindakan hukum hanya diberikan pada satu objek saja. Khususnya pelaku, tanpa memberikan hukuman bagi  orang yang terlibat dalam mendukung peredaran narkoba.

“Melalui momentum HANI, diharapkan Palangka Raya Bersih Narkoba (Palangka Raya Bersinar), akan nyata jika kita sama-sama bahu membahu, saling mendukung, serta berkomitmen dalam melawan dan memberantas narkoba,” demikian Susi.

Sekedar diketahui, pada tahun ini tema yang diangkat pada peringatan HANI 2022 ialah “Kerja Cepat, Kerja Hebat Berantas Narkoba di Indonesia”. (VD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: