Toni Harisinta Jadi Pemateri Karhutla Berbasis Klaster

    LensaKalteng.com - PULANG PISAU - Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau mengikuti Seminar Nasional upaya penguatan kapasitas

Wali Kota Serap Aspirasi Warga Menteng
Ritual Adat Dayak Dalam Penyambutan Tamu Yang Dihormati
Ben Barahim Serahkan Bantuan Langsung ke Yayasan Bina Harapan

FOTO: Sekda Pulpis Toni Harisinta menjadi pembicara seminar nasional upaya penguatan kapasitas pencegahan dan penanggulangan Karhutla secara terintegrasi dan kolaborasi berbasis Klaster, di Jakarta, Senin (27/6/2022).

 

 

LensaKalteng.com – PULANG PISAU – Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau mengikuti Seminar Nasional upaya penguatan kapasitas pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) secara terintegrasi dan kolaborasi berbasis Klaster.

Seminar Nasional tersebut dilaksanakan di Hotel JS Luwansa Jakarta, Senin (27/6/2022) di buka Direktur Pengendalian Operasi BNPB Pusat tersebut menghadirkan tiga pembicara, yakni Wakil Bupati Palalawan Provinsi Riau, Sekda Kabupaten Okan komering hilir Provinsi Sumatera Selatan dan Sekretaris Daerah Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam Seminar itu, Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang yang diwakilkan Sekda Toni Harisinta didampingi Plt Kalaksa BPBD Moh. Insyafi, Sekretaris BPBD Rudi Purwadi menyampaikan paparan terkait Role model secara nasional Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) berbasis Klaster bersama dua kabupaten lainnya, yakni Kabupaten Palalawan Provinsi Riau dan Kabupaten Okan komerin hilir Provinsi Sumatera Selatan.

Salah satu Kabupaten yang diberikan kesempatan paparan terkait pembangunan Klaster dalam penanggulangan bencana Karhutla itu adalah Kabupaten Pulang Pisau, dimana Kabupaten Pulang Pisau dinilai  paling menonjol, dalam konteks penanggulangan Karhutla dengan pola koordinasi antar SOPD didalam fokus pencegahannya.

Sekda Pulang Pisau, Toni Harisinta mengatakan pada penangangan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Pulang Pisau telah diterbitkan Perbup Nomor 4 tahun 2022 tentang upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) secara terpadu berbasis klaster.

Dengan adanya Perbup ini maka, kata Toni, Kabupaten Pulang Pisau diundang untuk memberikan paparan pada Seminar Nasional upaya penguatan kapasitas pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) secara terintegrasi dan kolaborasi berbasis Klaster.

” Hasil dari Seminar ini akan dijadikan regulasi untuk membangun upaya-upaya kedepan untuk dijadikan rujukan bersama pola-pola penanganan berbasis klaster dalam konteks penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia, ” tandas Toni Harisinta. (Yanto/Yss)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: