1.439 Hewan Kurban di Palangka Raya Lulus Uji Kesehatan

LENSAKALTENG. com - Palangka Raya - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya melalui Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmave

Ziarah ke Makam Para Sultan Kotawaringin, Ujang Iskandar Ajak Masyarakat Teladani Ketokohan Mereka
Apresiasi Sinergitas Eksekutif dan Legislatif
Pemko Luncurkan Google Map Untuk Pemetaan UMKM

SAPI KURBAN : Sapi kurban di Tempat Pemotongan Hewan (TPH) yang siap dikurbankan pada hari raya Iduladha 1443 Hijriyah.Foto. Ist

LENSAKALTENG. com – Palangka Raya – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya melalui Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet), akhirnya selesai melakukan pendataan serta pemeriksaan kesehatan pada 1.897 hewan ternak yang siap dikurbankan pada hari raya Iduladha 1443 Hijriyah.

Hewan ternak sebanyak itu terdiri dari 1.539 ekor sapi, 294 ekor kambing, 4 ekor kerbau dan 5 ekor domba, yang siap disalurkan baik untuk Kota Palangka Raya maupun daerah tetangga.

Adapun khusus Kota Palangka Raya, maka menurut Kepala Bidang Kesmavet Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya, Sumardi, memastikan sebanyak 1.439 hewan kurban sudah lulus uji kesehatan. Hewan kurban itu terdiri dari 1.198 ekor sapi, 236 ekor kambing dan 5 ekor domba.

“Pemeriksaan kesemua hewan ternak itu berasal dari 20 peternak yang berada di 4 kecamatan di Kota Palangka Raya. Pengecekan dilakukan oleh enam tim kesehatan DKPP sejak 6 sampai 8 Juli,” ungkap Sumardi, Jumat (8/7/2022).

Sekedar diketahui lanjut dia, dari 1.198 ekor sapi yang lulus uji kesehatan dan siap dijual kepada masyarakat, maka 178 ekor diantaranya masih ditunda untuk pemasangan neck tag atau tanda leher. Hal itu dikarenakan 178 ekor sapi tersebut terindikasi terpapar penyakit mulut dan kaki (PMK). Namun saat ini sudah menjalani masa pemulihan dan aktif diberikan antibiotik.

“Dari hasil pemeriksaan aktif, maka 178 ekor sapi tersebut sudah sembuh, namun kami masih menunggu hingga H-1 untuk pemasangan neck tag sebelum pemotongan agar sapi yang dikurbankan sehat 100 persen, sehingga masyarakat merasa aman. Sedangkan kambing dan domba, semuanya sehat dan sudah terpasang neck tag,”bebernya.

Sumardi menambahkan, dari 1.897 ekor ternak yang menjadi stok untuk hewan kurban tahun ini, maka sebanyak 316 ekor sapi, 4 ekor kerbau dan 50 ekor kambing siap dikirimkan ke daerah lain. Namun 25 ekor sapi dan 8 ekor kambing ternyata dalam kondisi tidak layak jual (cacat atau tidak dewasa sempurna).

“Iya, secara umum bisa dikatakan untuk hari raya Iduladha tahun ini, semua hewan ternak yang lolos uji kesehatan dari DKPP sudah aman untuk dikonsumsi dan bebas dari PMK,”pungkasnya. (VD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: