Dukung KLA, Alokasikan Anggaran Pemberdayaan

LENSAKALTENG. com - Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya beberapa waktu lalu telah meraih meraih predikat Kota Layak Anak (KLA) kategori

Dorong Pemko Percepat RPJMD
Raperda Inisiatif Baru Bisa Dibahas Setelah Diharmonisasikan
Perubahan Perda Tentang Pajak Disetujui

Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, M Hasan Busyairi

LENSAKALTENG. com – Palangka Raya – Pemerintah Kota Palangka Raya beberapa waktu lalu telah meraih meraih predikat Kota Layak Anak (KLA) kategori Madya. Keberhasilan itu tentu disambut baik dan mendapat apresiasi dari banyak pihak. Termasuk dari kalangan anggota DPRD Palangka Raya.

“Keberhasilan meraih KLA kategori Madya ini, hendaknya bisa ditingkatkan.Terutama bagaimana Pemko Palangka Raya berkomitmen dan konsisten dalam pemenuhan dan perlindungan terhadap perempuan dan anak,” ungkap Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, M Hasan Busyairi, Senin (1/8/2022).

Dikatakan Hasan, pemenuhan dan perlindungan terhadap perempuan dan anak wajib dilakukan pemerintah, karena masuk dalam urusan wajib penyelenggaraan pemerintahan.

Perlu diketahui terang dia, raihan KLA Madya bukan dari kategori Utama dan bukan Nindya, karena itu masih perlu ditingkatkan. Terutama bagaimana mampu mewujudkan predikat KLA Utama.

“Pemko perlu menyediakan anggaran bagi berbagai program kegiatan pemberdayaan, perlindungan perempuan dan anak,”tuturnya.

Karena itu imbuh politikus Partai Golkar Kota Palangka Raya ini, kedepan perlu adanya perhatian khusus dari pemerintah. Terutama untuk melakukan tindakan mencegah maupun menanggulangi berbagai masalah sosial terhadap anak, maupun mencegah aksi kejahatan dengan korban perempuan dan anak.

Hasan optimistis, tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak dapat dicegah dengan memasifkan sosialisasi dan kebijakan yang memihak.

Tak hanya itu, penguatan secara kelembagaan serta dukungan dari peran keluarga serta lingkungan, dapat membantu mencegah tindak kekerasan.

“Saya kira, perlu diintegrasikan perspektif gender dan hak anak ke dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan. Terutama dalam bidang pencegahan tindak kekerasan perempuan dan anak,”pungkasnya.(VD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: