Jaga Kelestarian Batik Khas Lokal

  LENSAKALTENG. com - Palangka Raya - Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Nenie A Lambung mendorong masyarakat untuk turut mendukung, bahka

Prodak Lokal Kota Palangka Raya Patut di Perhitungkan
Harus Libatkan SDM Lokal di Bidang Investasi
Peningkatan PAD Jadi Sorotan Wakil Rakyat

 

Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Nenie A Lambung

LENSAKALTENG. com – Palangka Raya – Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Nenie A Lambung mendorong masyarakat untuk turut mendukung, bahkan turut mengembangkan batik khas lokal yang sejauh ini ada dimiliki.

“Sudah sepatutnya kita menjaga dan melestarikan budaya yang telah diwariskan para pendahulu. Sehingga apa yang sudah ditinggalkan, dapat terus bertahan dan eksis meski di jaman era globalisasi seperti sekarang,”ucapnya, Senin (15/8/2022).

Dikatakan Nenie, batik bagi suatu daerah di Indonesia termasuk Kota Palangka Raya, merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya sejak sekian lama.

Seiring perkembangan zaman, batik ikut berkembang menjadi kesenian, namun wajib dijaga kelestariannya agar tidak diklaim oleh bangsa lain.

“Kesenian batik beberapa tahun yang lalu sempat diklaim oleh negara tetangga. Nah, ini yang harus diwaspadai dan menjadi perhatian bersama,”tukasnya.

Menurut srikandi DPRD Palangka Raya dari PDI Perjuangan ini, banyak cara bisa dilakukan menjaga dan melestarikan batik. Diantaranya seperti mengubah paradigma masyarakat, jika batik tidak hanya cocok untuk kelompok orangtua, dan hanya digunakan pada acara formal saja. Namun dengan memilih model yang santai, kalangan anak muda juga dapat mengenakannya saat diacara non formal,” cetusnya.

Selebihnya Nenie menyarankan, agar generasi muda lebih banyak dilibatkan dalam proses produksi batik. Dengan begitu dapat memberi sisi positif bagi kaum muda untuk membuat batik. Tak kalah penting merupakan perwujudan rasa cinta dan kepedulian generasi muda akan semakin tinggi terhadap budaya yang dimiliki.

“Peran pemerintah juga dibutuhkan untuk mendorong pelaku bisnis yang bergerak pada industri batik. Sehingga para pengrajin batik dapat memasarkan produknya guna mendapatkan konsumen dan pangsa pasar yang lebih luas,”pungkasnya. (VD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: