Parpol di Gumas Terima Bantuan Keuangan

              LENSAKALTENG. com - Kuala Kurun - Sejumlah partai politik (Parpol) yang dudu

Ini Cara Polsek Rungan Ajak Warganya Patuhi Prokes
Ini Cara Polres Gumas Tekan Sebaran Covid-19
Wabup Buka Sinode ke -17 Resort GKE

BANTUAN PARPOL : Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing saat melakukan penandatanganan bantuan keuangan parpol, di Aula Kantor Bupati setempat, Selasa (23/8/2022). Foto Red/Don

 

 

 

 

 

 

 

LENSAKALTENG. com – Kuala Kurun – Sejumlah partai politik (Parpol) yang duduk di kursi legislatif DPRD Kabupaten Gunung Mas (Gumas), menerima bantuan keuangan.

Adapun penyerahan bantuan keuangan bagi parpol tersebut ditandai dengan penandatanganan serah terima bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas, ke pimpinan parpol daerah setempat.

Wakil Bupati Gumas, Efrensia LP Umbing mengatakan, penyerahan bantuan keuangan itu sebagai ajang silaturahmi dari pemkab dan parpol yang dilaksanakan berdasarkan atas kepastian hukum, fungsional, transparansi, efisiensi dan akutanbilitas.

“Bantuan ke 9 parpol ini pada dasarnya, diberikan untuk mendukung kinerja partai politik dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Terutama dalam hal pendidikan politik dan operasional partai politik,” ucapnya, Selasa (23/8/2022).

Lebih lanjut wabup menjelaskan, penggunaan bantuan keuangan bagi parpol berpedoman sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 78 Tahun 2020 tentang perubahan atas Permendagri Nomor 36 Tahun 2018 tentang tata cara perhitungan, penganggaran dalam APBD dan tertib administrasi pengajuan, penyaluran.

Sementara itu laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan Parpol merupakan leraturan pelaksanaan dari peraturan pemerintah nomor 5 tahun 2009 tentang bantuan keuangan kepada partai politik , sebagaimana telah diubah dengan PP nomor 1 tahun 2018 tentang perubahan kedua atas PP nomor 5 tahun 2009, tentang bantuan keuangan kepada parpol.

“Bantuan keuangan ke parpol yang mendapatkan kursi di DPRD Gumas dari hasil pemilu legislatif tahun 2019 secara keseluruhan telah menerima bantuan keuangan yang bersumber dari APBD kabupaten,” jelas dia.

Sementara itu kepala Bakesbangpol Gumas, Sugiarto menyebutkan, parpol yang mendapatkan bantuan keuangan dari Pemkab Gumas itu antara lain, PDI Perjuangan, Golkar, Demokrat, Gerindra, PAN, Nasdem, Hanura, Perindo dan Berkarya.

“Bantuan keuangan parpol di Gumas yang layak menerima, yakni PDIP Rp 223 juta, Golkar Rp 184 juta, Demokrat Rp 84 juta, Gerindra Rp 69 juta, PAN Rp 55 juta, Nasdem Rp 46 juta, HanuraRp 45 juta, Perindo Rp 40 juta dan Berkarya Rp 38 juta, dengan Jumlah total Rp 787 juta,” sebut Sugiarto.(Red/Don)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: