Ada Buaya, Warga Cempaga Diimbau Waspada Beraktivitas di Sungai

  LENSAKALTENG. com - Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Sampit, meminta warga didaerah setempat agar berhati-hati saa

Pemkab Kotim Bakal Tambah Anggaran Beasiswa
DPRD Kotim Bakal Selidiki Penyebab Mahalnya Gas Bersubsidi
Berharap Raperda Ketahanan Pangan Segera Rampung Dibahas

 

ADA BUAYA : Kemunculan seekor buaya besar di malam hari, terlihat oleh warga di sungai Desa Cempaga Mulia Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur, Baru-baru ini. Foto Ist

LENSAKALTENG. com – Sampit – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Sampit, meminta warga didaerah setempat agar berhati-hati saat beraktivitas di bantaran sungai.

Hal itu diingatkan, menyusul dengan kemunculan seekor buaya besar di malam hari, yang terlihat oleh warga di sungai Desa Cempaga Mulia Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur, Baru-baru ini.

“Warga harus lebih berhati-hati dan waspada saat beraktifitas di sungai. Jangan membuang bangkai binatang dan sampah rumah tangga ke sungai,”kata Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Selasa (20/09/2022).

Muriansyah juga menyarankan warga, jangan memelihara hewan ternak di tepi atau di atas sungai. “Terkait hal ini, maka kami akan secepatnya ke Kecamatan Cempaga untuk berkoordinasi dengan pihak kecamatan,”ucapnya.

Sementara itu Camat Cempaga, Muhammad Yamin juga mengingatkan warganya, terutama mereka yang tinggal dipinggiran sungai, agar lebih waspada.

“Apabila warga ingin ke lanting agar lebih hati-hati. Kalau bisa dikurangi dulu sementara ini melakukan aktivitas disekitar pinggiran sungai,” ujar Yamin.

“Tak kalah pentinya untuk diingat, yakni warga jangan membuang sampah sembarangan ke sungai. Apalagi bangkai hewan jenis apapun, karena kebiasaan itu akan menjadi pemicu datangnya buaya,” tambahnya.

Selebihnya imbuh camat, pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Sampit. Terutama bagaimana mencari solusi supaya hewan predator tersebut tidak lagi muncul ke wilayah pemukiman warga. (Red/TB)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: