Berharap Tiap Pustu Miliki Tenaga Bidan

Berharap Tiap Pustu Miliki Tenaga Bidan

FOTO : Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Sugianto. LENSAKALTENG.com - KASONGAN - Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan m

Patung Tjilik Riwut Bakal Segera Mungkin Diperbaiki
Awal Tahun, PNS Katingan Diminta Makin Disiplin dan Profesional
Satlantas Lakukan Survei Jalan dan Jembatan Jelang Arus Mudik

FOTO : Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Sugianto.

LENSAKALTENG.com – KASONGAN – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan mendorong Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Katingan agar secepatnya memenuhi bidan di sejumlah Pusat Kesehatan Pembantu (Pustu) yang ada di masing-masing Desa.

Anggota DPRD Kabupaten Katingan Sugianto, mengatakan penempatan tersebut terutama berada di sejumlah Desa wilayah Kecamatan Katingan Hulu dan wilayah lainnya. Kita ketahui, bahwa Bidan ini adalah merupakan tenaga yang benar-benar dibutuhkan masyarakat di masing-masing desa, utamanya untuk ibu-ibu. Dibutuhkan sejak ibu mulai hamil, terlebih ketika ingin melahirkan.

“Jika di desa tidak ada bidan di desa tersebut saat ingin melahirkan, terpaksa dibawa ke Puskesmas yang ada di Ibukota Kecamatan,” jelas anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya, kepada sejumlah wartawan baru-baru ini.

Contohnya saja, karena jarak tempuh di masing-masing wilayah Desa dengan tempat Puskesmas yang ada di Ibukota Kecamatan cukup jauh. Sehingga di khawatirkan, apabila ada yang ingin melahirkan tanpa bidan di dalam armada (kelotok) maupun angkutan, saat dalam perjalanan.

“Sehubungan dengan itulah, kita berharap kepada Dinkes setempat agar dapat mengupayakan penempatan sejumlah Bidan di pustu-pustu yang belum ada bidannya. Dengan demikian, nantinya para ibu yang hamil merasa terjamin saat ingin melahirkan di kampungnya sendiri, tanpa harus bolak balik ke ibukota,” tegas Legislator Partai Kebangkitan Bangsa. (Lah/sas)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: