Pemkab Tapin Tawarkan Hasil Pertanian ke Palangka Raya

  LENSAKALTENG.com - Palangka Raya - Kerjasama antara pemerintah daerah, menjadi tujuan yang diharapkan dari hasil pertemuan Wali Kota Pal

Fairid : Aspirasi dalam Pokir untuk Dukung Pembangunan
Aturan PPDN Diterapkan, Tim Satgas Siap Jalankan
Bersama Baznas, Kasdim Serahkan Kunci RTLH

 

KUNKER : Kegiatan kunjungan kerja (Kunker) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapin ke Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya. Foto Prokom

LENSAKALTENG.com – Palangka Raya – Kerjasama antara pemerintah daerah, menjadi tujuan yang diharapkan dari hasil pertemuan Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin bersama dengan Wakil Bupati Kabupaten Tapin H. Syafrudin Noor, bertempat di Ruang Rapat Peteng Karuhei 2 Kantor Wali Kota Palangka Raya, Rabu (14/9/2022).

Pertemuan itu merupakan agenda utama dari kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapin ke Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya. Kedatangan jajaran pemerintah kabupaten dari provinsi tetangga Kalimantan Selatan itu, bertujuan memperkuat sinergitas antar daerah, sekaligus penyerahan draf naskah penawaran kerjasama produksi pertanian ke Pemerintah Kota Palangka Raya.

“Kebutuhan beras di Tapin, cukup degan 1/3 dari total produksi. Tapi kami masih surplus 2/3 produksi. Nah, ini yang kami tawarkan ke Pemko Palangka Raya,” ungkap Wakil Bupati Tapin , H. Syafrudin Noor, saat pertemuan kunker itu.

Dikatakan, adanya penawaran kerjasama produksi pertanian tersebut dimaksudkan untuk mengatasi kesulitan antar daerah. Dimana Kota Palangka Raya mengalami inflasi salah satu produknya, yakni beras Banjar, sedangkan Kabupaten Tapin berupaya menyelesaikan permasalahan penjualan produksi pertanian.

Adapun luas lahan sawah di Kabupaten Tapin yakni 64.200 hektar, dan 63 persen. Pekerjaan masyarakat Tapin adalah bertani yang diuntungkan dua musim panen.

‘Kabupaten Tapin juga memiliki komoditi cabe rawit tiung yang di kembangkan di Desa Tiung, dengan tingkat kepedasan yang tinggi,”beber Syafrudin.

Sementara iru Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, menyambut baik kedatangan serta tujuan kunker Wakil Bupati Kabupaten Tapin dan jajarannya.

Fairid mengungkapkan, salah satu upaya kongkret dalam rangka penanganan inflasi pusat dan daerah yakni melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dimana salah satu fokus programnya adalah perluasan Kerjasama Antar Daerah (KAD).

“Kerja sama antar daerah dapat mempercepat pembangunan daerah, peningkatan perekonomian daerah, serta memperkuat jaringan kerjasama antara pemerintah daerah, swasta, dan masyarakat serta pelaku usaha industri guna mengelola laju
inflasi,”ujarnya.

Turut hadir dalam perremuan kunker itu, antara lain Sekda Kota Palangka Raya, Kadis Pertanian Kabupaten Tapin, serta asisten dan pejabat eselon dilingkup Pemerintah Kota Palangka Raya. (VD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: