Petani di Gumas Diharap Mampu Mengolah Pupuk Kandang

LENSAKALTENG. com - Kuala Kurun – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gunung Mas (Gumas), mengharapkan para petani di daerah setempat, dapat mengo

Edukasi Tentang Pungli Terus Disosialisasikan
Kapolda Kalteng Turut Dampingi Kunjungan Gubernur ke Food Estate
Giliran Rumah Ibadah Dapat Bantuan Sembako

WAWANCARA : Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing didampingi kepala OPD setempat, saat diwawancarai awak media, Selasa (28/9/2022).Foto Red/Don

LENSAKALTENG. com – Kuala Kurun – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gunung Mas (Gumas), mengharapkan para petani di daerah setempat, dapat mengolah pupuk kandang guna menunjang pengembangan pertanian.

“Dalam memenuhi kebutuhan pertanian, maka daerah kita harus bisa menyiapkan pupuk organik dan pupuk kandang. Nah, sektor peternakan yang ada di Gumas ini perlu mensuplay pupuk kandang. Jadi daerah kita tidak perlu mengambil dari luar,”ungkap Wakil Bupati (Wabup) Gumas, Efrensia LP Umbing, Rabu (28/9/2022).

Efrensia mencontohkan, karena adanya kebutuhan dari pupuk kandang, kemudian mengambilnya pupuknya dari Desa Sigi. Karena jarak tempuh mendatangi tempat tersebut cukup jauh, maka dalam segi besar pengeluarannya pun begitu mahal.Apalagi sekarang ini harga BBM telah mengalami kenaikan. Artinya itu lebih mahal transpotasinya dari harga pupuknya.

“Nah itukan yang menyebabkan harga pupuk itu tinggi, maka dari itu kita harus ada tersedia di tempat, sehingga mengefesiensi transpotasi,” ujarnya.

Kemudian sambung dia, untuk pakan ternak bahan baku seperti jagung dan padi untuk dijadikan dedak, maka harus bisa mempunyai teknologi yang lebih sederhana. Apabila bahannya sudah tersedia, supaya dapat memenuhi pakan ternak dan pakan ikan.

“Ini sebagai upaya kita mengajak para petani
sejahtera, mandiri dan mereka petani bisa menikmati pendapatan yang layak. Tetapi mereka juga harus bisa membuang rasa malas, dan memilihara sikap rajin dan tekun. Ini sebagai modal para petani kita,”pungkasnya. (Red/Don)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: