Bumdes untuk Tingkatan PADesa

  LENSAKALTENG. com - Kuala Kurun – Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Sahriah mengatakan,guna memperkuat perekonomian masyarakat,

Selama Covid-19, Layani Pendaftaran Siswa Baru Melalui Daring
DPRD Gunung Mas ingin Anggaran Beasiswa Ditingkatkan
Tekan Inflasi, Optimalkan Tanam Sakuyan Lombok

 

BERBINCANG : Anggota DPRD Gumas Sahriah (jilbab) bersama rekannya Riantoe sedang berbincang di ruang kerjanya, Senin (10/10/2022). Foto Red/Don

LENSAKALTENG. com – Kuala Kurun – Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Sahriah mengatakan,guna memperkuat perekonomian masyarakat, khususnya disetiap desa yang ada di wilayah Gumas maka setiap desa harus membentuk badan usaha milik desa (BUMDes).

Bumdes itu ucap dia, harus bisa dikelola bersama-sama, baik masyarakat dengan pemerintah desa (Pemdes) yang ada di 112 desa.

Anggota DPRD Kabupaten Gumas, Sahriah mengingatkan pembinaan Bumdes itu ada di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kabupaten setempat, maka harus dilakukan dahulu adanya rapat evaluasi terkait adanya pengembangan Bumdes dari ratusan kepala desa dan camat yang ada.

“Pendirian Bumdes itu, bertujuan agar ada peningkatan pendapatan asli desa atau PADesa. Sehingga, bisa dikelola oleh masyarakat dan Pemdes. Artinya itu bisa memperkuat ekonomi di desa berdasarkan kebutuhan dan potensi di desa tersebut,” ujar Sahriah, Senin (10/10/2022).

Srikandi DPRD Gumas ini meyimpulkan, kinerja Bumdes, kedepan harus mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan warga desa. Ujung pangkalnya tertuju pada peningkatkan perekonomian desa, PADesa, dan itu sesuai dengan potensi serta kebutuhan masyarakat.

“Ini nanti bisa menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa. Terutama juga SDA di desa bisa dimanfaatkan, serta bisa menjadi pengerak ekonomi. Maka, itu dapat dikelola secara parsial dan bagi yang belum terakomodir,” ujarnya.

Selain itu sambung dia, adanya upaya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan semangat para pengurus dalam pengelolaan Bumdes dalam menopang ekonomi desa dan masyarakat, mengali sumber unit usaha, peluang pasar dan meningkatkan pendapatan ekonomi desa.

“Penting sekali menurut kami adanya pelatihan bagi perangkat desa, sehingga Bumdes itu bisa berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,”pungkasnya.(Red/Don)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: