Gagal Ginjal Akut Pada Anak Merebak, Ini Imbauan Ampera A.Y Mebas

Foto : Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas. Lensakalteng.com - Tamiang Layang - Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas mengajak orang tua di B

SURYA : Komitmen Perangi Narkoba Dengan Melakukan Pembinaan Terhadap Kaula Muda
Pemkab Bartim Pertahankan Perda Desa Dambung
DPRD Bartim Ajak Masyarakat Berperan Aktif Mencegah Karhutla

Foto : Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas.

Lensakalteng.com – Tamiang Layang – Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas mengajak orang tua di Barito Timur, untuk lebih memperhatikan kesehatan anak. Khususnya pasca muncul penyakit gangguan ginjal akut progresif atipikal yang menyerang usia anak.

Gangguan ginjal akut misterius anak atau ganguan ginjal akut progresif atipikal (GgGAPA) belum bisa dipastikan penyebabnya. Hingga saat ini, Pemerintah masih mencari tahu penyebab termasuk dugaan kandungan etilon gikol pada parasetamol sirup sebagai pemicu penyakit ini. Serta adanya dugaan lain yang di ungkapan para ahli.

Karena itu, sebelum penyakit ini bisa diungkap Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas mengajak semua orang tua untuk tidak panik tentang informasi yang beredar.

“Nanti kita akan tindaklanjuti dengan surat edaran, untuk sementara kita memberikan imbauan untuk penyetopan penjualan obat sirup atau pemberian obat sirup kepada anak,” kata bupati, Minggu (23/10/2022).

“Ini juga harus diperhatikan bukan cuma obat karena saya menduga anak-anak yang terkena sakit ginjal akut ini sudah mengalami sakit yang cukup lama,” ujarnya.

Kemudian, bupati berpesan agar masyarakat harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Meski begitu, sambungnya, ginjal orang dewasa mempunyai daya tahan terbatas.

“Ketika terus- terusan mengkonsumsi makanan atau minuman yang membahayakan ginjal maka akan mengalami sakit ginjal juga,” jelas bupati. (ags)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: