Gumas Menyimpan Tiga Sektor Potensi Wisata

LENSAKALTENG. com - Kuala Kurun - Luas alam di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mencapai 10.804 kilometer perseginya. Luas alam sebesar itu menyimpan

Naas, Bocah Empat Tahun Meninggal Dunia
Pastikan Hak Terbayar, Pos Pengaduan THR Bakal Segera Operasinal
Wakapolda Kalteng Kunjungi Ketua MUI Gumas

WAWANCARA : Sekretaris Disbudpar Gumas, Elkewirke saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Kamis (6/10/2022). Foto Red/Don

LENSAKALTENG. com – Kuala Kurun – Luas alam di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mencapai 10.804 kilometer perseginya. Luas alam sebesar itu menyimpan banyak potensi sumber daya alam hingga potensi wisata.

Dari data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Gumas, sedikitnya ada tiga sektor potensi wisata yang dinilai layak dikembangkan.

Menurut Sekretaris Disbudpar Gumas, Elkewirke, ada beberapa potensi kawasan strategis yang ada di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini. Terdiri dari tiga titik wilayah. Seperti wilayah utara, timur dan barat yang semuanya memiliki wisata alam, budaya serta wisata buatan.

“Kawasan yang strategis itu ada tiga sektor potensi seperti sektor wisata alam, ada di utara yakni Kecamatan Damang Batu, dan Tewah, wilayah barat ada di Kurun, dan Mihing Raya, serta wilayah timur berada di Rungan, Rungan Barat dan Manuhing Raya,”sebut Elkewirke, Kamis (6/10/2022).

Lebih lanjut ia menuturkan, wisata alam seperti di Kecamatan Damang Batu, berada di Riam Hiran, Bamburing, Sambajad, Hantipan, Bukit Raya, Bukit Keminting, Tatan Samatuan, Puruk Sandukui atau Telunjuk di Hulu Sei Kahayan, di Kecamatan Tewah ada Batu Suli dan Kurun ada Desa Wiasata Hurung Bunut, Air Terjun Bawi Kameloh batu Mahasur.

“Adapun untuk Mihing Raya, ada bukit Tambak Raja, Rungan ada Riam Guhung Rawai, Hutan Ulin di Desa Parempei, Batu bagalang, Batu Bajaung di Rungan Barat, dan Gohong Karahan, Bukit Suling di Manuhing Raya,”terangnya.

Sedangkan untuk wisata budaya ada di Betang Damang Batu Desa Tumbang Anoi, Kuburan Damang Pijar di Mahuroi Kecamatan Damang Batu, di Miri Manasa ada Betang Singa Kenting, Betang Jaga Kamis. Situs Tamangung Amai Rawang, Tambun Bungai, Batu Bulan, Bukit Ngalangkang, dan Sandung Nyai Balau Kecamatan Tewah.

“Sementara untuk Kecamatan Sepang, ada Kaleka Betang Siwung, Sandung Dambung Tahunjung Danau Dai, Sandung Basir Loting Mihing Raya, Betang Toyoi Rungan, Kaleka Betang, Kuta Hantapang, Kuta Mapot, Sandung Ongko Gerek di Rungan Hulu,”bebernya.

Berikutnya tambah dia, untuk wisata buatan berada di Dam Sakata Juri Tewah, Desa Wiasata Hurung Bunut, Sakata Juri Kurun, Taman Kota, Taman Patung Tambun Bungai, Bundaran Tugu Selamat Datang dan Jembatan Kahayan di Kecamatan Kurun. (RED/DON)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: