Jalan Palangka Raya – Kuala Kurun Longsor, Angkutan Berat Jangan Lewat Dulu.

LENSAKALTENG. com – Kuala Kurun - Kondisi ruas jalan Trans Palangka Raya Kuala Kurun masih lumpuh total. Pasalnya, ruas jalan di dekat Jembatan Ba

Selama Korona, Jam Layanan PDAM Kuala Kurun Diperpendek
Binartha Apresiasi Penambahan Rute Penerbangan di Bandara Kuala Kurun
Segera Bantu Korban Musibah Banjir di Tumbang Mahuroi

MEMANTAU : Sekretaris Komisi II DPRD Gumas, Rayaniatie Djangkan sedang melakukan pemantauan penanganan jalan yang terjadi longsor di Kuala Kurun, Kamis (20/10/2022). Foto Red/Don

LENSAKALTENG. com – Kuala Kurun – Kondisi ruas jalan Trans Palangka Raya Kuala Kurun masih lumpuh total. Pasalnya, ruas jalan di dekat Jembatan Batu Mahasur iru, saat ini sedang dilakukan perbaikan pasca peristiwa longsornya bagian ruas jalan tersebut.

“Kami dari DPRD Kabupaten Gunung Mas meminta, khusus truk angkutan berat agar tidak melalui jalur tersebut. Baik selama proses perbaikan maupun perawatan jalan nantinya,” ungkap Sekretaris Komisi II DPRD Gunung Mas (Gumas), Rayaniatie Djangkan.

Terlebih pihak terkait lanjut Rayaniatie, sedang melakukan perbaikan, sehingga arus transportasi jangan sampai menganggu pelaksanaan pengerjaan. Dengan begitu dapat mempermudah para pelaksana dalam penyelesaian perbaikan jalan.

“Kami prihatin sekali dengan kondisi jalan ini. Tolong ada etikad baik semuanya dalam menghadapi kondisi jalan yang rusak akibat longsor ini,”ucapnya Kamis (20/10/2022).

Alangkah baiknya lanjut Rayaniatie, pengguna transportasi dapat melalui jalan alternatif. Seperti melalui feri khususnya di Tumbang Hakau dan Kurun. Tetapi, untuk feri yang masih layak untuk angkutan berat.

“Begitupun di Desa Miwan dan Konjoi, disana memang ada jembatan. Hanya saja memang berbahaya kalau muatan angkutan yang terlalu berat. Karena itu perhatikan dulu muatan mereka,” sarannya.

Terlepas dari itu ucap Rayaniatie, kepada masyarakat yang ada di wilayah setempat agar bisa memahami kondisi yang terjadi sekarang ini. Karena memang, ada peristiwa Jalan Kuala Kurun – Palangka Raya mengalami longsor.

“Mohon dukungan dari semua pihak para donatur, mapun para PBS-PBS di wilayah Gumas ini. Agar mereka punya tanggungjawab, dan rasa prihatin untuk perbaiki jalan tersebut,”tukasnya.

Rayaniatie juga mengingatkan, pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkaitnya, agar segera melakukan koordinasi baik itu dengan pihak pusat maupun provinsi Kalteng, dalam rangka penanganan jalan vital tersebut.

Terpisah, Konsultan dari Perusahan Viktor menjelaskan, penanganan jalan tersebut sebenarnya masih bersifat darurat saja. Kemungkinan di tahun 2023 ada penanganan yang permanen. Karena hal itu membutuhkan desain.

“Kami mungkin akan melakukan kajian struktur tanan, mungkin juga melakukan beberapa titik borink, karena kami melihat kedalaman longsor cukup dalam. Semoga didaoat solusi terhadap perbaikan jalan ini” tandasnya (Red/Don)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: