KM Satya Kencana III Karam di Pelabuhan Panglima Utar

LENSAKALTENG. com - Sampit - Naas dialami KM Satya Kencana III dimana mengalami karam di Pelabuhan Panglima Utar Kecamatan Kumai, Kotawaringin Barat,

Gegara Jaringan Listrik, Mantan Kades Dau Rusak Kantor Desa dan BPD
KBO Satlantas Kobar Sosialisasi Tertib Berlalulintas di SMK 1
Pungut Biaya Vaksin, Empat Warga Kobar Ditangkap

LENSAKALTENG. com – Sampit – Naas dialami KM Satya Kencana III dimana mengalami karam di Pelabuhan Panglima Utar Kecamatan Kumai, Kotawaringin Barat, Rabu (19/10/2022) dini hari.

Beruntung dalam insiden ini tidak menelan korban jiwa. Kapal jenis Roro milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) itu mengangkut penumpang dan truk fuso yang bermuatan barang kebutuhan pokok.

Diketahui KM Satya Kencana III berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan tujuan Pelabuhan Panglima Utar Kumai.

Kejadian berawal saat penumpang sudah meninggalkan kapal, ada sebuah truk fuso yang tertahan dititian antara kapal dan dermaga, akibatnya kapal terbebani di lambung sebelah kiri. Hal ini yang diduga menyebabkan kapal karam.

“Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 00.45 Wib, saat itu pihak kapal tengah menurunkan truk fuso, terjadilah kapal oleng sehingga posisi miring ke kiri. Kemudian kapal ditarik oleh tug boat sehingga truk fuso yang berada di tangga (ramp door) terjatuh ke sungai dan kapal mengalami ketidakseimbangan akibat muatan yang di lambung kanan bergeser ke kiri sehingga perlahan-lahan kapal tenggelam,”ungkap Kepala KSOP Kumai, Hary Suyanto di Pelabuhan Panglima Utar.

Ia menuturkan, saat kejadian penumpang yang berjumlah sekitar 289 jiwa sudah turun dari kapal dan untuk kendaraan yang sudah sempat diturunkan, truk fuso 3 unit, mobil 4 unit, truk biasa 3 unit dan sepeda motor 4 unit.

Sedangkan kendaraan yang masih berada di dalam kapal antara lain truk fuso 8 unit, mobil 2 unit dan truk fuso 1 unit yang terjatuh ke sungai.

“Terkait korban jiwa dalam insiden ini tidak ada, dan saat ini kami masih menunggu pihak KNKT untuk melakukan evakuasi terhadap kapal tersebut,”tandas Hary. (Red/Tbk)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: