Ritual Tiwah Bisa Membawa Keberkahan

  LENSAKALTENG.com - Kuala Kurun - Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Polie L Mihing berharap, dengan dilaksanakannya Upacara Ritua

Siap Berikan Data Penerima Bantuan Beras Bagi Terdampak Covid-19 di Gumas
Jaga dan Rawat Fasilitas yang Dibangun Pemerintah
Imbau Pemkab Gumas Terus Pantau Harga Minyak Goreng

 

RITUAL TIWAH : Anggota DPRD Gumas, Polie L Mihing (dua dari kanan) saat menghadiri acara ritual Tiwah di Desa Hakau, Jumat (14/10/2022).Foto Ist

LENSAKALTENG.com – Kuala Kurun – Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Polie L Mihing berharap, dengan dilaksanakannya Upacara Ritual Tiwah Massal di Desa Tumbang Hakau, Kecamatan Kurun, diharapkan dapat membawa keberkahan bagi masyarakat di wilayah setempat.

Menurut Polie, dengan diperkenalkannya peradaban serta budaya daerah Kalteng, khususnya di kabupaten yang berjulukkan Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini, diharap bisa memperoleh keberkahan untuk warga yang melaksanakan kegiatan tiwah massal tersebut.

“Dengan adanya ritual Tiwah Massal ini, diharapkan dapat membawa keberkahan bagi masyarakat Gumas, sekaligus memperkenalkan budaya leluhur kita yang hidup dan berkembang serta majemuk dalam keragaman agama dan budaya,” ucapnya, Minggu (16/10/2022).

Dikatakan Polie, adalah merupakan dasar dan tanggungjawab manakala peradaban serta budaya daerah harus diaktualisasikan sebagai perwujudan cinta kasih serta adanya penghargaan yang tinggi terhadap nilai-nilai kehidupan adat di Kalteng.

Terlebih, masyarakat Dayak utamanya umat Kaharingan mempercayai bahwa kehidupan itu harus dikembalikan kepada sang pencipta, sehingga nilai norma inilah, yang mendasari terselenggaranya upacara Tiwah yang melahirkan nilai, norma, hukum dan aturan kemasyarakatan.

“Mari kita perkenalkan peradaban, dari leluhur kita ini, kepada masyarakat, serta wisatawanan mancanegara dan nusantara, agar mereka tahu tujuan dilakukannya ritual Tiwah ini,”tandas Polie. (Red/Don)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: