Wabup Bartim Sampaikan Arahan dalam Rakor Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi

Foto : Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh menerima cindera mata dari perwakilan BPS. Lensakalteng.com - Tamiang Layang - Wakil B

Pedagang Sapi Kurban Harus Laik Kosumsi
Bupati Bartim Resmikan Pojok Digital
Wakil Ketua I DPRD Reses di Desa Lebo

Foto : Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh menerima cindera mata dari perwakilan BPS.

Lensakalteng.com – Tamiang Layang – Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh menyampaikan sambutan dan arahan dalam Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi atau Regsosek Tahun 2022.

Regsosek adalah pendataan seluruh penduduk yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi yang sangat beragam mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadaan disabilitas, kepemilikan aset hingga informasi geospasial.

Kegiatan Regsosek nanti akan menghasilkan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.

Kelengkapan Regsosek membuka peluang pemanfaatan yang luas, tidak hanya program perlindungan sosial saja, tetapi juga untuk mendukung program pemberdayaan ekonomi dan program lain untuk mendorong potensi pembangunan di pusat dan daerah.

“Dengan potensi pemanfaatan yang luar biasa besar, pengembangan Regsosek harus komprehensif dan tidak berhenti pada pendataan awal saja. Regsosek adalah basis data yang harus kita mutakhirkan secara berkala,” ujar Wabup dalam arahannya, Senin (17/10/2022).

Dia menambahkan, partisipasi aktif masyarakat dan pihak yang berkepentingan sangat penting dalam pembaruan data secara berkesinambungan.

“Pelaksanaan kegiatan Regsosek harus terkoordinasi dan tersinergi dengan baik. Saya berharap rapat koordinasi ini bukan hanya pertemuan seremonial, akan tetapi mampu menumbuhkan komitmen kita bersama untuk berkolaborasi mensukseskan Regsosek sebagai bagian dari tugas dan tanggung jawab kita dalam membangun negeri,” pesannya.

Kegiatan Regsosek juga membutuhkan partisipasi aktif dari berbagai elemen masyarakat. Oleh karena itu Wabup mengimbau kepada seluruh aparat baik tingkat kecamatan maupun desa/kelurahan untuk ikut mendukung dan berperan aktif pada pendataan awal Regsosek.

“Saya juga mengimbau seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi dengan cara menerima kedatangan petugas dan memberikan jawaban yang benar dan jujur pada pelaksanaan pendataan awal Regsosek,” tandasnya.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Badan Pusat Statistik Barito Timur, perwakilan instansi vertikal, organisasi perangkat daerah, perwakilan perusahaan dan tamu undangan lainnya. (ags)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: