Bupati Panen Jagung Milik Poktan Desa Pilang Munduk

LENSAKALTENG. com – Kuala Kurun - Pemerintah Kabupaten (Pemka) Gunung Mas (Gumas) bersama Dinas Pertanian (Dispertan) setempat, melaksanakan panen

Larangan PETI Terus Disosialisasikan Polsek Kurun
PT. Berkala Maju Bersama Prioritas Pekerjakan Masyarakat Lokal
RSUD Kuala Kurun Dalam Waktu Dekat Akan Berstatus Tipe C

PANEN : Bupati Gumas Jaya S Monong bersama Forkopimda saat melakukan panen jangung hibrida di desa Pilang Munduk, Kamis (10/11/2022) sore.Foto Red/Don

LENSAKALTENG. com – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten (Pemka) Gunung Mas (Gumas) bersama Dinas Pertanian (Dispertan) setempat, melaksanakan panen jagung hibrida milik kelompok tani Bina Karya di Desa Pilang Munduk, Kecamatan Kurun.

“Panen jagung hibrida diluas jalan tujuh hektar ini merupakan bukti keseriusan kami dalam melaksanakan program smart agro, yang sudah direalisasikan dan dilaksanakan oleh kelompok tani Bina Karya di Desa Pilang Munduk ini,” ucap Bupati Gumas, Jaya S Monong, Kamis (10/11/2022) sore.

Menurutnya, dalam mengembangkan smart agro ada kelompok tani yang lain, sehingga dalam program tersebut sangat mendukung ketahanan pangan bagi warga, dengan begitu, pengembangan sayur dan sebagainya bisa menambah penghasilan masyarakat selain melakukan penambangan.

“Jagung hibrida ini sebenarnya kegunaan untuk pakan ternak, namun bisa dilakukan juga cara tanaman lain dalam hal tumpang sari, seperti menanam sayur lokal misalnya kanjat, botong dan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dispertan Gumas Letus Guntur menjelaskan, terkait tanaman jagung hibrida yang dialokasikan di wilayah Kecamatan Sepang sekitar 5 Ha, Mihing Raya ada 10 Ha, Kurun ada 48 Ha, Tewah ada 12 Ha, Rungan Hulu ada 5Ha, Manuhing ada 25 Ha, yang jumlahnya ada sekita 100 Ha yang salah satunya kelompok tani Bina Karya di Desa Pilang Munduk ini.

“Kami tetap konsisten melakukan pembinaan pengembangan komunitas tanaman pangan dan holtikultura lainya. Poktan ini kedepannya akan mengembangkan integrateed farming berbasis jagung dan ternak. Saat ini sudah kami alokasikan, alsintan dan alat pasca panen,” pungkasnya (Red/Don)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: