Kurangi Jejak Karbon, SMAN 2 Sampit “Bike To School”

LENSAKALTENG. com - Sampit - Dalam rangka memperingati Hari Energi Sedunia tahun 2022, SMA Negeri 2 Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, mengajak

Rumah Dinas Guru Rusak, Dewan Ingin PBS Berkontribusi
Terkait Tumpahan CPO, Penyedia Jasa Musti Tanggung Jawab
Bawa Dampak Kemajuan Daerah, Kepemimpinan Sehati Diapresiasi

BIKE To SCHOOL : Para guru dan siswa SMAN 2 Sampit, menggunakan sepeda ke sekolah ‘Bike To School’ untuk memperingati Hari Energi Sedunia atau World Energy Day 2022

LENSAKALTENG. com – Sampit – Dalam rangka memperingati Hari Energi Sedunia tahun 2022, SMA Negeri 2 Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, mengajak warga sekolah untuk menggunakan sepeda ke sekolah atau Bike To School. Ajakan itu dilakukan sebagai salah satu upaya mengurangi jejak karbon

“Para guru dan siswa SMAN 2 Sampit kami ajak menggunakan sepeda untuk memperingati Hari Energi Sedunia atau World Energy Day 2022. Kegiatannya kami laksanakan pada Jum’at (28/10/2022), hal ini adalah sebagai salah satu edukasi dalam upaya untuk mengurangi jejak karbon,”kata Kepala SMAN 2 Sampit Drs Kodarahim, Kamis (3/11/2022).

Menurutnya, semua warga sekolah turut terlibat, baik para guru maupun para siswa dan siswinya.

“Kegiatan dilaksanakan mulai saat masuk sekolah, warga sekolah tidak diperkenankan menggunakan kendaraan bermotor, hanya yang menggunakan sepeda atau berjalan kaki yang dapat masuk ke areal sekolah,”jelasnya.

Kendaraan bermotor adalah salah satu penyumbang jejak karbon terbesar, diharapkan dari kegiatan ini selain melakukan penghematan energi, juga dapat mengurangi polusi terutama dari kendaraan bermotor.

“Kegiatan ini ada kaitannya dengan kurikulum merdeka di sekolah kami tentang pengurangan emisi karbon. Kedepannya kami berharap kegiatan Bike To School ini bukan hanya dilaksanakan pada saat hari energi, namun bisa diagendakan pada setiap bulannya,”ucap Kodarahim.

Sementara itu, Ketua Adiwiyata SMAN 2 Sampit Anna Farida mengatakan, tercetusnya ide Bike To School ini karena mengikuti program Adiwiyata SMAN 2 Sampit yaitu Asean Eco School.

“Tujuan program Asean Eco School salah satunya adalah penghematan energi, selain kegiatan Bike To School kami juga nanti melakukan pemasangan panel surya yang ramah lingkungan, dimana hal ini juga mendukung kegiatan Asean Eco School itu sendiri,”terang Anna.(Red/Tbk)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: