Tingkatkan Kualitas SDM, IPSI Gelar Pelatihan Juri Wasit Serta Coaching Clinic Pelatih

Kasongan – Ikatan Perguruan Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Katingan menggelar pelatihan juri pertandingan pencak silat dan coaching clinic pelat

Dipenghujung Tahun Bupati Sakariyas Akan Rombak Pejabat
Berharap Mesin Power Thresher Bisa Sejahterakan Petani
Sekda Katingan Tegaskan Panitia Tidak Boleh Tambah Persyaratan Balon Kades

Foto : Foto bersama pengurus KONI Katingan dan Ketua IPSI bersama para peserta pelatihan.

Kasongan – Ikatan Perguruan Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Katingan menggelar pelatihan juri pertandingan pencak silat dan coaching clinic pelatih pencak silat.

Pada kegiatan yang dilaksankan oleh IPSI Kabupaten Katingan ini, dibuka oleh Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Katingan yang diwakili oleh Seketaris Umum KONI Budiman Gaol, jum’at (18/11/2022) di aula PCNU Kabupaten Katingan.

Dalam sambutan nya, Seketaris KONI menyampaikan bahwa dua agenda yang dilaksanakan oleh IPSI Katingan ini sangatlah bermanfaat untuk jenjang kedepannya untuk kemajuan olahraga pencak silat.

“Agenda kegiatan ini perlu kita berikan apresiasi serta dukungan agar nantinya bisa muncul bibit-bibit baru baik itu wasit atau juri serta pelatih di Kabupaten Katingan,”Ujarnya.

Menurut Gaol, bahwa melalui kegiatan ini nantinya akan bisa menambah pengalaman, dan disamping itu juga keberadaan wasit atau juri yang memang berlisensi sangat dibutuhkan baik untuk tingkat provinsi maupun nasional.

Kemudian dirinya menjelaskan, untuk wasit tingkat daerah untuk kabupaten katingan sebelumnya memang sudah ada, namum perlu kembali dilakukan regenerasi.

“Selain kita ada regenerasi untuk wasit dan pelatih, kita juga perlu adanya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga melalui pelatihan untuk juri  pertandingan dan coaching clinic pelatih ini bisa meningkatkan SDM para pegiat pencak silat di katingan,”Harapnya.

Ditempat yang sama Ketua IPSI Kabupaten Katingan Adhirawan menuturkan, hal yang dilakukan pertama untuk meningkatkan kualitas para pegiat pencak silat di katingan adalah pembenahan kualitas SDM yaitu melalui wasit juri.

“Sebelumnya kita sudah punya wasit juri, tetapi banyak yang pindah domisilih dan sebegainya akhirnya kita kehilangan,”Ujarnya.

Dijelaskan ketua IPSI, bahwa pentingnya wasit juri ini apabila mereka bisa mewakili katingan dalam beberapa event bisa membawa pengetahuan dari luar untuk masuk kembali ke katingan.

“Jika mereka bisa ikut menjadi wakil katingan dalam suatu event mereka bisa melihat, apa saja hal-hal yang perlu disesuaikan dan persiapan apa saja yang diperlukan dalam ajang kejuaran, hal itu bisa disampaikan kepada para atlet,”Jelasnya.

(tri)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: