Berharap Aspirasi Nelayan Seruyan Diperhatikan

Berharap Aspirasi Nelayan Seruyan Diperhatikan

LENSAKALTENG.com - KUALA PEMBUANG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahtera

Bangunan Pustu Desa Jahitan Rusak Berat
Ajak Masyarakat Seruyan Miliki SKT Atas Tanah
Penerima Bantuan Sembako Harus Tepat Sasaran

LENSAKALTENG.com – KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan yang ada di wilayah setempat.

Hal itu disampaikan oleh anggota DPRD Seruyan Harsandi. Dia mengungkapkan, berdasarkan kunjungan reses pihaknya di beberapa kecamatan baru-baru ini, banyak aspirasi yang disampaikan oleh para nelayan, antaranya mengusulkan permintaan sarana prasarana (sarpras) penunjang seperti alat tangkap ikan.

“Saat reses kami di beberapa kecamatan belum lama ini, para nelayan itu banyak yang berharap ada perhatian khusus oleh pemerintah daerah terutama agar membantu dalam pengadaan sarpras penunjang seperti alat tangkap ikan dan lain sebagainya, maka dari itu kami minta pemda memperhatikan hal ini guna meningkatkan kesejahteraan para nelayan itu,” katanya, Jumat (24/2/2023).

Harsandi menyampaikan, dengan menggenjot bantuan sarpras penunjang perikanan diharapkan hasil prokduktivitas para nelayan dapat maksimal, sehingga berimplikasi pada kesejahteraan para nelayan itu sendiri.

“Daerah kita ini menurut saya sangat potensial dari segi perikanannya, terutama di Seruyan Hilir yang merupakan daerah pesisir, namun selama ini para nelayan itu belum mampu memaksimalkan hasil tangkapnya, hal ini dikarenakan salah satunya karena kurang memadainya sarpras mereka,” tambahnya.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu menambahkan, ada banyak hal yang perlu diperhatikan oleh pemerintah setempat dalam menyejahterakan para nelayan, selain menggalakkan bantuan sarpras perikanan, perintah daerah juga harus memberikan program lainnya, seperti pelatihan atau pembinaan yang tak kalah pentingnya.

“Pelatihan dan pembinaan bagi nelayan juga tidak kalah penting, terutama untuk nelayan budidaya. Di Seruyan ini sangat banyak sekali nelayan yang membudidayakan ikan dengan berbagai metode, seperti tambak, keramba dan sebagainya, sehingga penting juga bagi mereka itu diberikan pendampingan dari dinas terkait guna memaksimalkan hasil panen mereka,” tambahnya.

Dia berharap, pemerintah daerah melalui dinas teknis dalam hal ini Dinas Perikanan agar lebih proaktif lagi dalam memberikan dukungan kepada nelayan, sehingga masyarakat di Bumi Gawi Hatantiring ini khususnya yang berprofesi sebagai nelayan bisa hidup enak dan lebih sejehtera lagi. (sas)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: