Anggota Dewan Dapil III Sampaikan Hasil Reses, Ada 73 Usulan Masyarakat

Kasongan – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan belum lama ini menggelar rapat paripurna dalam rangka menyampaikan ha

DPRD Gelar Paripurna Dengan Agenda Penetapan Hasil Evaluasi Gubernur Terhadap APBD Perubahan 2023 Pada Hari Ini
Hari Ini, Dewan Bakal Sampaikan Hasil Reses
Keberadaan Guru dan Tenaga Kesehatan di Dapil III Memprihatinkan

Foto : Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Gimmak Bulinga.

Kasongan – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan belum lama ini menggelar rapat paripurna dalam rangka menyampaikan hasil reses di Daerah Pemilihan (dapil).

Pada pergelaran paripurna penyampaian hasil reses tersebut, ada sebanyak 73 usulan yang disampaikan oleh Gimmak Bulinga selaku juru bicara DPRD dari dapil III jalur sungai samba yaitu meliputi Kecamatan Katingan Tengah, Kecamatan Sanaman Mantikei dan Kecamatan Petak Malai.

Adapun usulan yang disampaikan itu yakni, penambahan tenaga pendidik di SDN tumbang papi, pembangunan rumah dinas guru SMA-1 petak malai, rehab tuga ruangan belajar dan satu ruang kantor di SDN-1 batu tukan, pembangunan rumah dinas guru sebanyak dua unit di SDN-1 tumbang habangoi.

Kemudian usulan terkait dengan pelayanan kesehatan, dimana aspirasi masyarakt terkait pelayannan kesehatan juga perlu diperhatikan yang dimana usulan untuk rehab pustu di batu badak, rehab berat pustu batu tukan, usulan nakes di pustu batu tukan.

“Bahkan masyarakat menginginkan pemindahan pustu yang ada di desa tumbang tangoi dikarenakan pustu tersebut untuk saat ini sering terendam banjir,”Jelas Gimmak.

Lalu untuk wilayah Kecamatan Sanaman Mantikei yaitu, usulan untuk pembangunan gedung perpustakaan SDN tumbang taranei, penambahan dua orang guru kelas daya manunggal, pembangunan perumahan guru SDN-1 tumbang manggu, usulan pembangunan laboraturium IPA beserta perabotan, tempat praktek mata pelajaran IPA di tumbang manggu.

“Ada juga usulan untuk pembangunan ruang UKS SD Garing Tarantang, pembangunan perpusatakaan SMP 3 Sanaman Mantikei, pembangunan rumah dinas guru di tumbang kamantu”Ucap Gimmak.

Khusus wilayah Kecamatan Katingan Tengah ada sebanyak 34 usulan yang disampaikan masyarakat, diantaranya adalah usulan perbaikan jalan dalam kota tumbang samba, rehab total gedung antang dahiang tumbang samba, usulan perbaikan drainase dalam kota tumbang samba.

“Hal yang tidak kalah penting dalam usulan di wilayah Kecamatan Katingan tengah salah yakni terkait dengan usulan pembentukan UPT. Terkait pengelolaan sampah di tumbang samba,”Ujar Gimmak

Selain itu, dibeberapa desa diluar Tumbang Samba juga terdapat beberapa usulan terkait dengan bidang kesehatan.

Dibacakan Gimmak, bidang kesehatan yang dimaksud yaitu penambahan tenaga medis  di desa rantau asem, penambahan tenaga bidan serta pengadaan oxygen di desa tumbang marak, penempatan satu orang bidan di desa tumbang hangei.

Kemudian masih banyak usulan yang disampaikan diantaranya perbaikan jalan yang ada diwilayah kecamatan katingan tengah.

(grn)

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: