Dishub Barito Timur Imbau Penyedia Jasa Transportasi Utamakan Keselamatan Penumpang

Foto : Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Timur, Bertholumeus Nyampai. Lensakalteng.com - Tamiang Layang - Dinas Perhubungan Kabupaten B

Wabup Singgung Hasil Pelaksanaan Pilkades Serentak
Kapolres Pimpin Penurunan Bendera di HUT RI ke 77
Peningkatan Ekonomi Kerakyatan Jadi Prioritas Pemerintah

Foto : Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Timur, Bertholumeus Nyampai.

Lensakalteng.com – Tamiang Layang – Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Timur, menghimbau kepada penyedia jasa transportasi mengedepankan keselamatan. Khususnya bagi masyarakat yang hendak mudik/balik pada moment Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2203.

“Tentu kita ada yang namanya UPTPKB itu unit pelaksana teknis pengujian berkendara bermotor bertempat di UPT Terminal Pasar Panas,” kata Bertholumeus Nyampai, Selasa (4/4/2023).

Hal ini dilakukan guna menjamin kenyamanan dan keselamatan pemudik, baik untuk arus mudik demikian pun untuk arus balik.

“Melalui media, kami menghimbau buat penyedia jasa angkutan baik jasa masyarakat, pengguna harus mudik, balik. Itu baik nanti berkendara nya baik menggunakan bus, trevel, atau juga angkutan barang, kami mengimbau agar bisa di uji kelayakan jalannya,” ujar Kadis Perhubungan Kabupaten Barito Timur, Bertholumeus Nyampai.

Kadis Perhubungan bercerita, uji kelayakan kami tidak turun kelapangan, kami hanya stanby.

“Melalui media ini, harapan kita juga media bisa memberikan informasi melalui jasa medianya. Supaya masyarakat pemilik kendaraan bisa mematuhi,” ujarnya.

Sedangkan, untuk angkutan barang cukup konsisten. Namun, Dishub tetap meminta untuk para operator dan penyelenggara angkutan umum dan barang untuk tidak mengangkut barang serta penumpang secara berlebihan demi keselamatan.

“Namun ada kendala di Dinas Perhubungan ini khususnya Over Dimension and Over Loading (ODOL) tentu mereka harus memenuhi persyaratan yang ditentukan harus ada standar baknya. Kalau dia tetap menggunakan bak over dimensi kami tidak lakukan kir,” jelas Kadis.

Sebab, ujar Kadis, tentu kami mendapatkan sangsi atau teguran oleh pusat.

“Karena setiap kami melakukan kir, kita lakukan hasil kirnya termasuk kita juga, foto visual tracknya. Kalau kita mengeluarkan pengujian kendaraannya bak over dimensi, tentu ini kami mendapatkan teguran karena ini sistem online, hari ini pengujian, hari ini lakukan tes, hari ini juga kirim ke pusat,” pungkasnya. (ags)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: