Palangka Raya Mencapai Suhu Tertinggi di Indonesia, Wali Kota Berikan Tips ini

Bahkan dalam peringatan cuaca itu BMKG menyampaikan Kota Palangka Raya mencapai suhu tertinggi se-Indonesia yaitu 35,6°C. Menyikapi hal tersebu

Pelaksanaan Sekolah Tatap Muka Masih Dilakukan Kajian Secara Mendalam
Waspadai Penjualan Obat Bius & Penenang Via On Line
Anomali Cuaca Membuat Curah Hujan di Wilayah Palangka Raya Menurun

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin    LENSAKALTENG. com – Palangka Raya – Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan cuaca, dimana sinar Ultraviolet (UV), kategori ekstrem telah melanda wilayah Kota Palangka Raya. Terhitung dari tanggal 24 April 2023.

Bahkan dalam peringatan cuaca itu BMKG menyampaikan Kota Palangka Raya mencapai suhu tertinggi se-Indonesia yaitu 35,6°C.

Menyikapi hal tersebut Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Jumat (28/4/2023) telah mengeluarkan surat himbauan terkait dengan kondisi cuaca tersebut.

Adapun dalam surat himbauannya tertanggal 28 April 2023, Fairid mengingatkan agar masyarakat Kota setempat dapat menghindari dampak cuaca panas.

Adapun lebih rinci dalam surat himbauannya wali kota juga memberikan beberapa poin tips agar diperhatikan masyarakat antara lain, masyarakat dianjurkan memperbanyak minum air untuk mencegah dehidrasi minimal 2 (dua) liter sehari, jangan menunggu haus.

Berikutnya menghindari paparan sinar matahari langsung antara pukul 10.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Gunakan topi atau payung apabila di luar ruangan, dan sebisa mungkin berteduh.

Lalu memakai baju yang berbahan ringan dan longgar, hindari menggunakan baju berwarna gelap agar tidak menyerap panas.

Kemudian gunakan sunscreen dengan kandungan minimal 30 SPF pada kulit yang tidak tertutup oleh baju sebelum keluar rumah. Ulangi setiap 2 (dua) jam, apabila
setelah berenang atau berkeringat.

Poin himbauan berikutnya yakni, jangan meninggalkan siapapun di dalam kendaraan dalam kondisi parkir. Baik dengan jendela terbuka maupun tertutup.

Hindari mengkonsumsi minuman berkafein, minuman berenergi, alkohol dan minuman manis, sebab minuman tersebut bersifat diuretic (memperparah dehidrasi).Sediakan botol semprot air yang dingin di dalam kendaraan. Selanjutnya menjaga kondisi tubuh dengan cukup istirahat dan tidur.

Dalam surat himbauannya wali kota juga mengingatkan masyarakat untuk waspada apabila mengalami gejala keringat berlebih, kulit terasa panas dan kering, rasa berdebar atau jantung terasa berdetak lebih cepat,
kulit terlihat pucat, kram pada kaki ataupun perut, mual, muntah, pusing, dan
urine yang sedikit, serta berwarna kuning pekat.

Jika muncul gejala-gejala tersebut segera dinginkan tubuh dengan kain basah pada pergelangan tangan, leher, dan lipatan tubuh lainnya serta banyak minum air. Jika masih bergejala, segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan perawatan. (Red/Vd/*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: