Panen Padi di Bulan Okmar Melimpah

Foto : Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Lurikto. Lensakalteng.com - Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timu

Optimalkan Pungutan Pajak Pusat dan Daerah, Bupati Tandatangani Perjanjian Kerjasama dengan DJP
Pegiat Pers Harus Gencar Ekspos Progres Pembangunan Kabupaten Bartim
HUT RI ke 77, Ini Pesan Bupati Bartim

Foto : Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Lurikto.

Lensakalteng.com – Tamiang Layang – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Lurikto memastikan, kebutuhan dan pasokan beras di wilayahnya dalam kondisi aman dan melimpah.

“Kalau kita lihat hasil panen Okmar ini lumayan bagus, artinya kita melihat dari kondisi pertumbuhan tanaman kemudian sampai dia berubah kelihatannya cukup bagus, dan hama penyakit walaupun ada masih bisa teratasi,” kata Lurikto, Rabu (5/4/2023).

Selama ini di Kabupaten Barito Timur belum pernah gagal panen.

“Beberapa hari terakhir memang ada sebagian sawah petani yang kebanjiran tapi dampaknya tidak besar karena padinya sudah siap panen. Kita berharap kalau ada yang kebanjiran tidak terendam lama sehingga masih bisa dipanen,” ujarnya.

Sebut Lurikto, dengan hasil produksi padi di Okmar ini akan membantu menekan inflasi di Kabupaten Barito Timur.

“Kalau dilihat kondisi saat ini kelihatannya pada musim tanam Asep (April – September) berpeluang juga untuk kita meningkatkan produksi pangan, karena sekalipun tidak semua saluran irigasi berfungsi tapi kalau masih ada curah hujan maka petani masih bisa menanam,” kata dia dengan optimis.

Dirinya memastikan, bahwa seluruh penyuluh pertanian di desa harus siap mendampingi petani dalam melakukan budidaya pada musim Asep.

“Dari dinas pun sudah mewanti-wanti petugas (penyuluh pertanian) di lapangan untuk selalu berkonsentrasi mendampingi petani. Sekarang sudah mulai mempersiapkan COCOK (Calon Petani dan Calon Lahan,” demikian. (ags)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: