Perlu Diaktifkan Kembali Siskamling

LENSAKALTENG. com - Palangka Raya - Anggota DPRD Palangka Raya, Sigit Widodo meminta masyarakat di kota setempat, untuk mengaktifkan kembali siste

Legislator, Aktivitas ASN Pasca Liburan Lebaran Harus Berjalan Normal
Perlu Terobosan Pengelolaan Sampah
Jaga Terus Kebersihan dan Fungsi Drainase

Anggota DPRD Palangka Raya, Sigit Widodo

LENSAKALTENG. com – Palangka Raya – Anggota DPRD Palangka Raya, Sigit Widodo meminta masyarakat di kota setempat, untuk mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan atau siskamling di lingkungan perumahannya.

Dikatakan, pentingnya keberadaan pos kamling di suatu lingkungan adalah guna mencegah secara dini aksi pencurian atau tindak kejahatan, yang selama ini kerap terjadi.

“Terlebih sebentar lagi akan memasuki masa-masa warga melakukan aktivitas mudik lebaran, dimana akan banyak rumah warga ditinggal dalam kondisi kosong,” ungkap Sigit, Senin (10/4/2023) di Palangka Raya.

Lebih lanjut pria yang tergabung dalam Komisi C DPRD Palangka Raya ini mengungkapkan, perlunya masyarakat melakukan kewaspadaan dini.Hal tersebut berkaca dari banyaknya kasus pencurian di rumah kosong yang penghuninya mudik berlebaran.

“Maka itu pentingnya setiap lingkungan RT/RW, untuk mengaktifkan kembali kegiatan siskamling melalui pos kamling atau ronda malam,”ujar Sigit.

Terlepas dari itu, legislator dari Fraksi PDI-P ini mengingatkan masyarakat, kalau ingin mudik, segera lapor ketua RT/RW. Lalu, rumah benar-benar digembok. Selain itu juga beritahu kepada tetangga sekitar, bahwa rumah ditinggal mudik, sehingga tetangga bisa saling membantu mengawasi.

Memang sejauh ini imbuh Sigit, ia melihat aparat gabungan telah meningkatkan patroli di sejumlah daerah rawan. Hanya saja, warga tetap harus peduli dengan kondisi lingkungannya.

“Warga harus pro aktif dan saling peduli dengan kondisi lingkungannya. Karena apa yang terjadi di sekitar adalah tanggungjawab bersama,” pungkas Sigit.(Red/Vd/*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: