Wujudkan Gumas Sehat dengan Kegiatan Terintegrasi

  LENSAKALTENG. com -Kuala Kurun -Kepala Bappedalitbang Gunung Mas, Yantrio Aulia, mengatakan, guna mewujudkan Gunung Mas sehat, diperluka

Melalui Spanduk Ini, Polisi Ajak Warganya Jauhi Ilegal Minning
Jumat Berkah, Polsek Rungan Bagi Bagi Sembako
Polisi Edukasi Prokes Hingga Masuk ke Pasar

 

Rapat koordinasi tim pembina Gunung Mas sehat dan Forum Kabupaten Gunung Mas Sehat. Foto Red/Sg

LENSAKALTENG. com -Kuala Kurun -Kepala Bappedalitbang Gunung Mas, Yantrio Aulia, mengatakan, guna mewujudkan Gunung Mas sehat, diperlukan berbagai kegiatan terintegrasi.

“Mewujudkan Kabupaten Gunung Mas yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, bisa dicapai melalui penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pmerintah daerah,” ucapnya, Selasa (18/4/2023).

Lebih lanjut Yantrio Aulia yang juga selaku Ketua Tim Pembina Kabupaten Gunung Mas Sehat, mengatakan dengan dilaksanakannya kegiatan Kabupaten Sehat yang melibatkan kerjasama lintas sektor, tentu harus disambut baik.

“Terlebih kegiatan Kabupaten Sehat ini dilaksanakan dengan 9 tatanan yang wajib harus dilaksanakan,”ujarnya menambahkan.

Adapun ke sembilan tatanan tersebut yakni, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, pemukiman dan fasilitas umum, pasar rakyat sehat. Kemudian, satuan pendidikan, pariwisata, transportasi dan tertib lalu lintas jalan, perkantoran dan perindustrian, perlindungan sosial dan pencegahan dan penanganan bencana.

“Pelaksanaan kabupaten/kota sehat merupakan bagian yang sangat strategis di antaranya dalam pencegahan stunting melalui gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas,” sebut Yantrio.

Adapun terkait penyelenggaraan kabupaten sehat di Gunung Mas dijelaskan Yantrio, dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat yang difasilitasi oleh pemerintah kabupaten.

Kegiatan tersebut untuk mewujudkan kabupaten sehat melalui Forum Kabupaten Sehat yang sudah dibentuk oleh Bupati Gunung Mas, guna mendukung pelaksanaan tatanan tersebut di masyarakat.

“Tim Pembina Kabupaten Sehat bersama Forum Kabupaten Gunung Mas Sehat beberapa waktu lalu sudah melakukan kaji tiru ke Kabupaten Banyuwangi dan Bali, guna belajar terkait penyelenggaraan Kabupaten Sehat. Diharapkan bisa memberikan masukan, gambaran dan pelajaran yang baik untuk Kabupaten Gunung Mas ke depan,”pungkas Yantrio.(Red/Sg/*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: