Festival Budaya Nansarunai Jajaka 2023 Resmi Berakhir

Foto : Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Kelas. Lensakalteng.com - Tamiang Layang - Festival Nansarunai Jajaka tahun 2023 berakhir. Kegiatan yang

Sebanyak 107 Pejabat Pemkab Bartim Dilantik
Kader Pembangunan Manusia Punya Peran Aktif Cegah Stunting di Barito Timur
145 Usulan Dibahas Dalam Musrenbang Kecamatan Paju Epat

Foto : Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Kelas.

Lensakalteng.com – Tamiang Layang – Festival Nansarunai Jajaka tahun 2023 berakhir. Kegiatan yang digelar oleh Pemerintah kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah dengan sejumlah rangkaian kegiatan, yakni penampilan tarian adat budaya, perlombaan dan keterlibatan penyajian dari UMKM serta sejumlah hiburan yang terlaksana selama 3 hari ini akhirnya resmi ditutup.

Kegiatan tersebut ditutup secara resmi oleh Bupati Bartim, Dr. Ampera A.Y Mebas, dan turut hadir Kepala Forkompimda, Kepala OPD serta para tamu undangan yang terlaksana di Ruang Terbuka Hijau, Minggu malam, 7 Mei 2023.

Pada acara tersebut ditampilkan lomba pembuatan makanan tradisional, Malamang (membuat lemang), kemudian juga lomba permainan tradisional Manyipet dan Balogo, parade band etnik dan parade tari gelang.

Adapun kegiatan diisi dengan berbagai kegiatan yaitu lomba permainan tradisional dan kepada pemenangnya akan dibawa ke Festival Iseng Mulang tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 sampai 27 Mei mendatang dan event ini merupakan event berkelanjutan. Kemudian ada juga fashion karnaval yang akan di bawa dan ditampilkan bagi juara 1, 2 dan 3.

Diketahui Festival Nansarunai Jajaka merupakan event tahunan Disbudparpora Kabupaten Barito Timur yang dilaksanakan setiap tahunnya untuk melestarikan adat dan budaya pada umumnya khususnya Barito Timur.

Dikatakan bupati, bahwa setelah berlangsung selama 3 (tiga) hari yakni pada tanggal 5 sampai dengan 7 Mei 2023 kegiatan Festival Budaya di gelar dan maka pada malam hari ini sampai pada puncak acara yaitu Acara Penutupan.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah dan Masyarakat Barito Timur menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada semua pihak yang telah membantu sehingga acara ini dapat berlangsung dengan lancar dan sukses,” ucap Ampera.

Bupati juga menyampaikan kepada semua peserta yang telah berhasil meraih juara pada Festival kali ini.

“Saya ucapkan selamat. Jadikan keberhasilan ini sebagai pemacu motivasi anda untuk lebih berprestasi lagi diwaktu-waktu mendatang dan kepada saudara-saudara yang masih belum berhasil meraih juara, saya harapkan jangan putus harapan, jadikan kegagalan ini sebagai pelajaran untuk dapat berprestasi dikemudian hari,” tuturnya.

Bupati juga menyampaikan secara khusus kepada para Camat dan panitia yang mendampingi peserta untuk ikut berlomba dalam Festival ini, saya atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang Tulus atas upaya dan jerih payah semua pihak untuk ikut dan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Akhirnya dengan restu hadirin seraya memanjatkan Puji Syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, maka Acara Festival Budaya Nansarunai Jajaka ( Jari Janang Kalalawah ) Kabupaten Barito Timur yang berlangsung pada tanggal 5 sampai dengan 7 Mei 2023 secara resmi saya nyatakan ditutup,” pungkasnya. (ags)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: