Hardiknas 2023, Bergerak Bersama Wujudkan Merdeka Belajar

LENSAKALTENG.com - Kuala Kurun -Asisten I Setda Gunung Mas, Lurand mewakili Bupati Gung Mas, Jaya S Monong, menghadiri upacara peringatan Hari Pen

Debat Kandidat Bakal Digelar 12 Juni
Polres Gumas Galakan Sosialisasi Pendidikan Lalu Lintas
Lembaga Keagamaan Diajak Cegah Stunting dari Calon Pengantin

Asisten I Setda Gunung Mas, Lurand, saat mengikuti upacara Hardiknas

LENSAKALTENG.com – Kuala Kurun -Asisten I Setda Gunung Mas, Lurand mewakili Bupati Gung Mas, Jaya S Monong, menghadiri upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di halaman kantor Bupati Gunung Mas, Selasa (2/5/2023).

Membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim dalam kesempatan itu, Lurand menyampaikan, ada sebanyak 24 episode ‘Merdeka Belajar’ yang sudah diluncurkan.

“Tentu ini membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya,”kata Lurand.

Lebih lanjut dikatakan, anak-anak sekarang ini sudah bisa belajar dengan lebih tenang, karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.

Bahkan, para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikan, sekarang dapat menggunakan data asesmen nasional di platform rapor pendidikan, untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang merencanakan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi. Terlebih seleksi masuk perguruan tinggi negeri sekarang ini fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

Pada jenjang perguruan tinggi, mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas, sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program Kampus Merdeka.

“Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang jauh lebih terbuka. Dukungan dana untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi,”jelas Lurand.

Mendikbudristek tambah Lurand, juga menyampaikan, bahwa layar yang sudah dibentangkan jangan sampai terlipat lagi. Karenanya, para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bermama Indonesia.

Perjalanan harus dilanjutkan, parjuangan mesti diteruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar- benanya dalam belajar dan bercita-cita.

“Mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,”demikian papar Lurand. (Red/Sg/*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: