Perlu Berkolaborasi Cegah Karhutla

LENSAKALTENG. com - Palangka Raya - Anggota DPRD Palangka Raya, Rusdiansyah mengingatkan masyarakat kota setempat untuk selalu berhati-hati dan wa

Maksimalkan Peran BPK Bantu Tangani Kebakaran.Maksimalkan Peran BPK Bantu Tangani Kebakaran
Pemko Palangka Raya Gelar Apel Tim Gugus Tugas
Masuk Palangka Raya, Angkutan Bapokting Musti Penuhi Syarat Ini

SIMULASI ; Kegiatan simulasi penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kota Palangka Raya. Foto Ist

LENSAKALTENG. com – Palangka Raya – Anggota DPRD Palangka Raya, Rusdiansyah mengingatkan masyarakat kota setempat untuk selalu berhati-hati dan waspada saat beraktivitas menggunakan api. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kondisi cuaca saat ini semakin terasa panas.

“Suhu cuaca panas yang terasa dapat memicu kebakaran hutan dan lahan (karhutla),” katanya, Senin (15/5/2023).

Terlebih lanjut Rusdiansyah, bagi warga yang kebiasaannya merokok, maka jangan sembarangan membuang puntung rokok yang masih menyala. Apalagi bila puntung rokok yang dibuang mengenai semak belukar, maka berbahaya dan dapat mengakibatkan karhutla.

Lebih lanjut Wakil Ketua I Komisi A DPRD Palangka Raya ini meminta masyarakat, untuk berperan aktif apabila menemukan titik api di wilayahnya masing-masing. Segera melaporkan ke pihak yang berwenang. Seperti menginformasikan ke pihak Bhabinkamtibmas, relawan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) dan lainnya.

Lebih lanjut legislator dari PKB ini juga mendorong agar Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), harus terus menyosialisasikan antisipasi terjadinya karhutla. Apalagi saat ini akan memasuki musim kemarau.

“Optimalkan sosialisasi dan edukasi. Termasuk gencar menginformasikan dan mengingatkan akan pentingnya kewaspadaan karhutla. Baik melalui media massa, spanduk maupun imbauan bentuk lainnya,”ujarnya menambahkan.

Selebihnya Uwah begitu Rusdiansyah akrab disapa mengungkapkan, karhutla tidak saja menjadi tanggung jawab pemerintah semata, akan tetapi perlu ada kesadaran masyarakat untuk berkolaborasi mencegah karhutla.(Red/Vd/*).

 

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: