Anggota Komisi IV DPR RI Bambang Purwanto Kunjungi Barito Timur

Foto : Anggota DPR RI Bambang Purwanto melakukan foto bersama dengan teknis pertanian. Lensakalteng.com - Tamiang Layang - Anggota Komisi IV De

Manfaatkan DD untuk Tingkatkan SDM Warga Desa
Berharap Forum Satu Data Barito Timur Berjalan Sukses
Kejari Dampingi Pengerjaan Empat Proyek PUPR

Foto : Anggota DPR RI Bambang Purwanto melakukan foto bersama dengan teknis pertanian.

Lensakalteng.com – Tamiang Layang – Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Bambang Purwanto, S.ST.,MH dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan. RI) melalui Direktorat Jenderal Hortikultura menggelar kegiatan bimbingan teknis peningkatan kapasitas petani usaha hortikultura untuk mendukung petani maju, mandiri dan modern, di aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Barito Timur, Kamis 22 Juni 2023.

Kegiatan Bimbingan teknis peningkatan kapasitas petani dan pelaku usaha hortikultura yang diikuti oleh Ketua balai dan penyuluh pertanian, kelompok tani se Barito Timur serta nara sumber dari Dirjen Hortikultura dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dengan menghadirkan narasumber yakni, Prof. Dr. Juniawan dan keterlibatan ketua Badan Penyuluh Pertanian, Kelompok Tani beserta para tamu undangan lainnya.

Disela-sela kegiatan, Bambang Purnowo kepada awak media saat diwawancarai menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan kunjungan kerja ke Bartim dengan tujuan melakukan memberikan Bimtek kepada para petani.

“Kita perwakilan dari masyarakat Kalteng yang ada di DPR RI, selain membagi alsintan, bibit dan alat paska panen juga memberikan bimbingan teknis kepada petani agar petani-petani kita tingkat pengetahuannya meningkat,” ucap Bambang yang hadir sebagai anggota komisi IV DPR RI

Menurutnya bahwa saat ini jenis penyakit maupun hama penyakit terus berkembang, kemudian juga varietas tanaman juga berkembang sehingga kalau petani tidak ditingkatkan kemampuannya tentu akan tertinggal.

Politisi dari partai Demokrat ini juga menyebutkan bahwa pihaknya pada tahun ini telah menyalurkan traktor roda empat 1 unit, kemudian hand sprayer 30 unit dan pompa air 9 unit.

“Untuk Bimtek kita ini latar belakangnya sebagai narasumber kita ini luar biasa ini profesor doktor Juniawan ahli hama penyakit, karena keluhan petani kita seperti yang disampaikan Pak Kadis kesulitan petani yang ada menghadapi hama penyakit,” ungkapnya.

Bambang juga menegaskan bahwa pihaknya telah mengarahkan petani menggunakan pupuk organik sehingga turut disalurkan tahun ini juga ada bantuan kambing dan Sapi.

“Saya salurkan di sini Kambing sama sapi, satu kelompok kambing satu kelompok sapi dengan harapan petani kita nanti juga boleh menggunakan pupuk organik dan jangan terus mengandalkan pupuk kimia yang bisa merusak tanah,” pesannya.

Bambang juga menyebutkan untuk bantuan ada 10.000 bibit yang digelontorkan ke Barito Timur jenis buah-buahan yaitu alpukat, Jambu Kristal, bibit Petai kemudian Durian dan semua jenis bibit berbahan tersebut berkualitas.

“Saya selalu berharap ke seluruh masyarakat bukan hanya Barito Timur, tapi seluruh masyarakat Kalimantan Tengah supaya yang berprofesi di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan supaya tetap terus meningkatkan kinerjanya selama ini. Selama saya bisa membantu, saya akan bantu,” tutupnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Lurikto pada kesempatannya menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi atas kunjungan anggota DPR RI ke Bartim dengan melakukan bantuan dan memberikan Bimtek kepada para petani Bartim. (ags)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: