Bupati Barito Timur Buka Pelatihan UKM

Foto : Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas. Lensakalteng.com - Tamiang Layang - Upaya Pemerintah Kabupaten Barito Timur memperdayakan Usaha K

Terkait Persoalan Sampah Perlu Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat Termasuk Pada Anak Sejak Dini
Diskominfosantik Bartim Gelar Sosialisasi PPID dalam Penyediaan Informasi Publik
Pembangunan Bundaran Gunung Perak Tuntas Tahun Ini

Foto : Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas.

Lensakalteng.com – Tamiang Layang – Upaya Pemerintah Kabupaten Barito Timur memperdayakan Usaha Kecil Menengah (UKM) berlanjut.
Kali ini, Pemerintah Kabupaten Barito Timur menggelar acara pendidikan pelatihan bagi pelaku usaha khususnya di Barito Timur.

Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari dengan jumlah peserta 30 pelaku UKM di Kabupaten Barito Timur.

Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas menjelaskan, pelatihan itu merupakan wujud komitmen Pemkab dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pengembangan UKM.

Diharapkan bupati, hendaknya melalui kegiatan ini dapat dimanfaatkan dan dengan sebaik-baiknya agar dapat meningkatkan kompetensi, produktivitas dan berdaya saing, sehingga dapat memberikan kontribusi lebih besar bagi pengembangan ekonomi.

Dalam paparan bupati, Undang-undang nomor 20 tahun 2008 yang sebelumnya mengalami perubahan dengan adanya Undang-undang nomor 11 tahun 2020 (UU Cipta Kerja) dengan turunannya untuk selanjutnya kriteria UMKM tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 2021.

Selain itu pemberdayaan UMKM merupakan salah satu motor penggerak pertumbuhan perekonomian. Selain itu UMKM memiliki kontribusi dalam upaya peningkatan perekonomian nasional, antara lain perluasan kesempatan kerja.

“Oleh karena itu, UMKM dituntut untuk bisa berinovasi sesuai dengan kebutuhan pasar,” kata Ampera A.Y Mebas, Senin (5/6/2023).

Orang nomor satu ini berpesan, seluruh peserta pelatihan agar bisa meningkatkan produktivitas dengan meningkatkan keterampilan dalam proses managerial, meningkatkan kapasitas kemampuan mengeksploitasi sumber daya yang dimiliki UMKM dan meningkatkan daya saing dengan terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi digital.

Selanjutnya, dikatakan Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Timur, Bersin mengatakan tujuan kegiatan pelatihan pendidikan UKM ini memberikan wawasan dan pengetahuan tentang upaya menciptakan keterampilan dalam mengembangkan UMKM.

“Kepada semua peserta pelatihan pendidikan UKM agar fokus mengikuti kegiatan ini hingga tuntas dan harapannya nanti akan tercipta berbagai macam jenis UMKM untuk meningkatkan perekonomian pendapatan,” demikian. (ags)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: