Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bartim Gelar Lomba Cipta Menu dan Kreasi Olahan Lokal B2SA

Foto : Ibu PKK Kabupaten sedang menilai kontes masak. Lensakalteng.com - Tamiang Layang - Dinas Pertaian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito

Ini Pesan Ampera Kepada Pengurus DPD KNPI Bartim yang Baru Dilantik
Wanita Muda Dilecehkan Teman Kantor Kerja
SUMBER PAD BARTIM SUDAH DIGARAP SECARA MAKSIMAL

Foto : Ibu PKK Kabupaten sedang menilai kontes masak.

Lensakalteng.com – Tamiang Layang – Dinas Pertaian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga atau TP PKK menggelar kegiatan lomba cipta menu dan kreasi olahan pangan lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman atau B2SA di aula Dinas Pertaian dan Ketahanan Pangan setempat, Sabtu 15 Juli 2023.

Kegiatan lomba cipta menu dan kreasi olahan pangan lokal B2SA tersebut dibuka Ketua TP PKK Barito Timur, Ny. Munita Mustika Dewi Ampera A.Y Mebas, hadir pula Kepala Dinas Pertaian dan Ketahanan Pangan, Lurikto beserta jajarannya, Ketua Gabungan Organisasi Wanita atau GOW, Pengurus TP PKK kabupaten dan tingkat kecamatan se Barito Timur.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Barito Timur, Lurikto menyampaikan, Undang-Undang No. 7 Tahun 1996 tentang pangan mengamanatkan bahwa pembangunan ketahanan pangan merupakan tanggung jawab pemerintah bersama masyarakat.

“Berkaitan dengan hal ini, peran Pemerintah Daerah sangat penting karena merupakan ujung tombak yang langsung berhadapan dengan masyarakat. Disamping itu pemerintah daerah dinilai memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk dapat dapat mengolah sumber daya lokal yang berpotensi untuk pengembangan ketahanan pangan,” jelas Lurikto.

Dilanjutkannya, sejalan dengan bertambahnya penduduk kabupaten Barito Timur maka kebutuhan konsumsi terhadap beras cukup tinggi, untuk mengurangi konsumsi beras perlu dilakukan upaya diversifikasi bahan makanan, salah satunya adalah mengembangkan sumberdaya pangan lokal seperti, singkong, kacangan-kacangan dan lainnya.

“Pengembangan pangan lokal juga akan berdampak positif bagi pengembangan ekonomi masyarakat”, ungkap Lurikto.

Diantara upaya merealisasikan percepatan penganekaragaman pangan konsumsi di Kabupaten Barito Timur.

“Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan terus bersinergi dengan stekholder yang ada untuk terus melakukan terobosan, salah satunya dengan mengadakan lomba cipta menu dan kreasi olahan pangan lokal B2SA dengan melibatkan TP PKK tingkat kabupaten hingga kecamatan”, jelasnya.

Dirinya berharap dengan dilaksanakannya lomba cipta menu dan kreasi olahan pangan lokal B2SA bisa mengedukasi masyarakat dengan pola hidup sehat dan dapat menerapkan di setiap lini pemanfaatan pangan lokal.

“Harapan kita dari dinas adalah paling adanya peran dari masyarakat kita secara khusus dan keterlibatan TP-PKK yang ada di kecamatan-kecamatan sehingga bisa menyebarluaskan mengedukasi kepada masyarakat kita tentang bagaimana fungsi manfaat dan tujuan terkait dengan pangan lokal,” harapnya. (ags)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: