82 Kades Terpilih Dilantik Bulan Ini

Foto : Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Sekertariat Daerah Kabupaten Barito Timur, Matriyuspi. Lensakalteng.com - Tamiang Layang - Bupat

Polres Barito Timur Gelar Pemusnahan Barang Bukti Narkotika
Kontingen Festival Isen Mulang Barito Timur Dilepas Menuju Palangka Raya
Di Akhir Masa Jabatan Bupati Ampera A.Y Mebas, Pemkab Barito Timur Raih Opini WTP Ke- 7 Kalinya

Foto : Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Sekertariat Daerah Kabupaten Barito Timur, Matriyuspi.

Lensakalteng.com – Tamiang Layang – Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas, mengagendakan pelantikan kepala desa (Kades) terpilih hasil Pilkades serentak Juni lalu. Rencananya, pengukuhan kades akan dilangsungkan pekan depan.

Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat proses pemerintahan yang definitif tanpa harus menunjuk pelaksana jabatan baru.

“82 kades terpilih sudah kita undang untuk mengikuti pelantikan. Kalau pak bupati tidak berhalangan beliau yang akan melantiknya,” kata Kabag Administrasi Pemerintahan Sekertariat Daerah Kabupaten Barito Timur, Matriyuspi, Selasa (15/8/2023).

Terkait adanya beberapa problem dalam helatan Pilkades, dinilai bagian dari dinamika demokrasi. Pemerintah Kabupaten Barito Timur akan melangsungkan pelantikan kade, walaupun ada beberapa calon yang masih melakukan upaya gugatan.

“Karena masih ada permasalahan hasil suara, maka Desa Siong Kecamatan Paju Epat dan Desa Karang Langit Kecamatan Dusun Timur sampai saat ini belum ada kepastian untuk ikut pelantikan tanggal 16 Agustus ini,” katanya.

Ia menegaskan, sesuai hasil pemilihan, siapapun yang terpilih, itu akan dilantik menjadi kepala desa. Bila dalam perjalanan ada akibat hukum dan lainnya, itu sudah masuk pada persoalan lain.

“Saat ini masih menunggu penyelesaian ditingkat kabupaten, karena kedua desa itu masih menggugat atau mengajukan keberatan terkait hasil perhitungan suara,” ujarnya.

Apabila kedua desa itu sampai tanggal 16 belum menerima undangan pelantikan maka jabatan kepala desa akan segera diisi dengan Pj atau Penjabat Kepala Desa.

“Kami sangat berharap sampai tanggal 16 nanti ada keputusan, apakah diundang pelantikan atau tidak, yang jelas tidak sampai ada kekosongan jabatan Kepala Desa,” demikian. (ags)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: