Bupati Barito Timur Instruksikan Siaga dan Tingkatkan Koordinasi

Foto : Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas. Lensakalteng.com - Tamiang Layang - Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas menginstruksikan seluru

Ajak Masyarakat Turut Jaga Pelihara Kondusifitas
Idul Adha, Polres Barito Timur Bagikan Daging Untuk Awak Media
Bupati Ikuti Kick Off Pengadaan Barang dan Jasa Se-Kalimantan Tengah

Foto : Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas.

Lensakalteng.com – Tamiang Layang – Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas menginstruksikan seluruh stakeholder siaga dan tingkatkan koordinasi menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Terlebih, setelah menetapkan Status Siaga Bencana Karhutla di Kabupaten Barito Timur.

“Ya, artinya hari ini rapat hadir menindaklanjuti kejadian-kejadian di Barito Timur. Nah sekarang ini memang kalau kita melihat bahwa artinya hampir satu hari bisa dua kali,” kata Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas, Rabu (30/8/2023).

Bupati menginstruksikan kepada BPBD Damkar, Camat, Masyarakat dan stakeholder terkait untuk mengerahkan personel guna memadamkan kebakaran lahan.

“Karena jujur sekarang ini, mereka dari pemadam, relawan yang pasti BPN misalnya pengungsi. Bagaimana antisipasi bukan cuma di kabupaten, kecamatan dan desa,” ujarnya.

Untuk itu, Bupati mewanti-wanti agar petugas (stakeholder terkait) untuk meningkatkan koordinasi.

“Nanti dari kecamatan akan menindaklanjuti, mungkin dengan Danramil, Polsek. Camat mungkin bersama-sama aktifkan kamtibmas dengan para kepala desa mereka antisipasi bagaimana penanganan,” jelasnya.

Selain itu, Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas juga menginstruksikan kepada camat se-Kabupaten Barito Timur untuk menghimbau kepala desa dan lurah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan. Karena konsekwensi dari Karhutla selain akan menimbulkan bencana kabut asap yang menganggu kesehatan, juga akan berdampak pada persoalan hukum.

“Kami disini ditetapkan siaga karhutla,” kata bupati.

Untuk meminimalisir dampak karhutla, ia mengajak seluruh jajaran, instansi pemerintah, swasta, dan segenap masyarakat di Kabupaten Barito Timur untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan.

“Masyarakat untuk antisipasi yang pertama adalah jangan membakar lahan, di desa harus saling mengawasi dari desa ke desa,” demikian. (ags)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: