Kabut Asap Menyaput, Waspada Penyakit Pernafasan

  LENSAKALTENG. com -Palangka Raya - Kabut asap sebagai dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terus menyaput wilayah Kota Palangka R

Sigit : Kuliner Lokal Miliki Cita Rasa Tinggi
Disayangkan Honorer Tidak Terima THR
Imbau Pemerintah Telaten Rawat Fasilitas Umum 

 

Foto : Pihak Dinas Sosial Kota Palangka Raya saat membagikan masker kepada para anak pelajar di kota setempat. Foto Ist

LENSAKALTENG. com -Palangka Raya – Kabut asap sebagai dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terus menyaput wilayah Kota Palangka Raya. Kondisi cuaca buruk itu tentu telah menganggu aktivitas dan kesehatan masyarakat. Termasuk bagi anak-anak sekolah.

“Kepada orangtua hendaknya memberikan masker kepada anak-anaknya sebelum berangkat sekolah, dan memberikan pengertian untuk tidak banyak bermain diluar kelas,”ungkap Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Khemal Nasery, Jumat (29/9/2023).

Terlepas dari itu lanjut Khemal, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Palangka Raya untuk mengurangi aktifitasnya diluar rumah, selama masih menyaputnya kabut asap.

Ia menyarankan masyarakat untuk memperbanyak minum air putih dan memakai masker saat melakukan aktifitasnya diluar rungan, hal itu mampu mengurangi dampak dari kabut asap yang bisa memicu gangguan pernafasan.

“Kepada Dinas Kesehatan hendaknya membagikan masker gratis kepada masyarakat, seperti yang dilakukannya beberapa waktu lalu sudah cukup bagus, namun hendaknya ditambah jumlah yang dibagikan kepada masyarakat,”pintanya.

Sementara itu Juerida salah satu orang tua siswa mendorong pemerintah bisa lebih mengambil tindakan dalam menyikapi kondisi kabut asap. Jangan sampai anak-anak terpapar kabut asap.

“Surat edaran dari Dinas Pendidikan udah cukup baik. Bahkan bila semakin memburuk kualitas udara hendaknya ada langkah dari Disdik untuk meliburkan aktifitas belajar mengajar di sekolah,”tandasnya.(Red/Dn/*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: