Musrenbangdes untuk Wujudkan Arah Pembangunan Desa

LENSAKALTENG. com -Kuala Kurun - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Gunung Mas, memfasilitasi desa-desa di wilayah setempat untuk melak

Sekda Gumas Hadiri Rakor Persiapan Puasa dan Lebaran
Peringati HKN, PPNI Gunung Mas Laksanakan Baksos 
Optimalkan Pengembangan Industri Rumah Tangga Pangan

Foto: Musrenbangdes di Desa Pilang Munduk

LENSAKALTENG. com -Kuala Kurun – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Gunung Mas, memfasilitasi desa-desa di wilayah setempat untuk melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrenbangdes) tahun 2024.

“MusrenbangDes adalah forum rembuk warga desa yang dilakukan untuk membicarakan masalah dan potensi desa agar teridentifikasi dengan baik,”kata kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Yulius melalui Kabid Kelembagaan, Perkembangan dan Kerjasama Desa Dedi Koesnawan, Minggu, (17/9/2023).

Selain itu lanjut Dedi, MusrenbangDes untuk memberikan arah yang jelas atas tindakan yang layak menurut skala prioritas dan dilaksanakan dalam mengatasi masalah atau memaksimalkan potensi yang dimiliki sebagai dasar program kerja pemerintah desa melaksanakan penganggaran dan kegiatan tahunan desa.

Kemudian, maksud dan tujuan dari musrenbangdes adalah sebagai model perencanaan partisipatif di tingkat desa yang melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan, swasta dan pemerintah desa/lembaga pemerintah lainnya yang ada di desa.

Dalam kegiatan musrenbangdes tersebut untuk menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan/ tahun yang akan datang.

“Selain itu juga untuk menyepakati tim delegasi desa yang akan memaparkan masalah yang menjadi kewenangan daerah yang berada di wilayah desa pada forum musrenbang tingkat kecamatan,”tandasnya.(Red/Don/*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: