Puskesmas Perlu Goes to School Cek Kesehatan Peserta Didik di Musim Kemarau

LENSAKALTENG. com -Palangka Raya - Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Susi Idawati mendorong pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kota Pala

Sarpras dan Guru Penentu Mutu Pendidikan Bermutu
Apresiasi Gelaran Kalteng Expo
Legislator Ini Harapkan Kualitas Pendidik Perlu Ditingkatkan

Foto : Aktifitas Aktivitas warga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di salah satu Puskesmas di Kota Palangka Raya.Foto Ist

LENSAKALTENG. com -Palangka Raya – Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Susi Idawati mendorong pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kota Palangka Raya, agar bisa ‘Goes to School’.

Hal itu perlu dilakukan kata dia, mengingat kondisi wilayah Kota Palangka Raya saat ini sedang mengalami musim kemarau dengan suhu panas, sampai menimbulkan banyaknya kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla), hingga memberi dampak munculnya kabut asap yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat.

“Dampak kabut asap ini tidak sedikit yang membuat kesehatan anak-anak ikut terganggu. Terutama berkenaan dengan Infeksi Saluran Pernafasan Akut atau ISPA,”ungkap Susi, Selasa (5/9/2023) di Palangka Raya.

Maka dari itu lanjut Susi, puskesmas di Kota Palangka Raya bisa melakukan goes to school atau mendatangi tiap-tiap sekolah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan peserta didik dan juga tenaga pendidik.

“Goes To School artinya setiap UPT Puskesmas Palangka Raya bisa blusukan ke sekolah untuk mengecek kondisi kesehatan pelajar, maupun melakukan sosialisasi kesehatan kepada pelajar,” ujarnya menambahkan.

Harus disadari imbuh Susi, kesehatan peserta didik di sekolah merupakan hal yang sangat penting diperhatikan, guna mewujudkan generasi emas tahun 2045 sebagaimana target dari pemerintah Republik Indonesia (RI).

“Tercapainya generasi emas dapat dilihat dari tingkat kesehatan masyarakat. Kemudian tingkat kesejahteraan, pendidikan, ekonomi dan faktor sosial dari pelajar juga harus baik. Dalam artian semuanya terpenuhi dalam akses kesehatan,” pungkasnya.(Vd/don*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: