Rehabilitasi Tahanan dengan Bimbingan Rohani

  LENSAKALTENG. com - Kuala Kurun - Bimbingan rohani menjadi salah satu cara Polres Gunung Mas dalam membantu rehabilitasi tahanan. Sepert

Bupati Gumas Buka Turnamen Bola Volly
Suspek Covid-19 Dipermasalahkan, Ini Penjelasan RSUD Kuala Kurun
DLHKP Gumas Diminta Optimal Tangani Persoalan Sampah

 

Foto: Polres Gunung Mas mengadakan bimbingan rohani kepada tahanan.

LENSAKALTENG. com – Kuala Kurun – Bimbingan rohani menjadi salah satu cara Polres Gunung Mas dalam membantu rehabilitasi tahanan. Seperti yang telah dilaksanakan di Rumah Tahanan Negara (rutan) Polres Gunung Mas, Kamis (7/9/2023).

Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra melalui Kepala Satuan Tahanan dan Barang Bukti (Kasat Tahti) Ipda Sri Mulyadi mengatakan, selain untuk meningkatkan rehabilitasi tahanan, kegiatan bimbingan rohani juga untuk mempersiapkan jati diri para tahanan ketika kembali ke masyarakat.

“Program ini bertujuan untuk membantu tahanan memperbaiki diri secara holistik, tidak hanya secara fisik tetapi juga secara mental dan spiritual,”kata Sri Mulyadi.

Selain itu, upaya ini diambil sebagai respon terhadap tantangan besar dalam sistem peradilan pidana, yaitu memberikan peluang yang lebih baik bagi tahanan untuk memperbaiki diri, menumbuhkan keterampilan baru, dan membangun kembali nilai-nilai positif dalam hidup mereka. Bimbingan rohani dianggap sebagai salah satu komponen penting dalam proses ini.

“Kami percaya bahwa upaya resosialisasi tahanan harus mencakup aspek-aspek psikologis dan spiritual. Bimbingan rohani dapat membantu tahanan menemukan keseimbangan dalam hidup mereka, merenungkan perbuatan masa lalu, dan mengubah perilaku negatif menjadi positif,”tambahnya.

Adapun program bimbingan rohani ini melibatkan sejumlah pendeta, ustaz, dan pekerja sosial yang berkunjung ke Polres Gunung Mas secara berkala untuk memberikan dukungan rohani kepada para tahanan.

“Mereka mengadakan diskusi dan sesi pribadi untuk membantu tahanan menjalani proses refleksi diri dan pertumbuhan spiritual,” pungkasnya.(Red/Don/*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: