SOPD Diminta Serius Menangani Sanitasi di Gunung Mas

  LENSAKALTENG. com - Kuala Kurun - Pj Sekda Gunung Mas Richard, mengimnau Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat, untuk seriu

Polsek Tewah aktif Disiplinkan Warganya Patuhi Prokes
Gumas Tetapkan Status Bencana
Cegah Covid-19, Sekarang Beli Makanan Wajib Dibawa Pulang

 

Foto: Pj Sekda Gunung Mas Richard saat mengikuti kegiatan kick off meeting Perumahan, Pemukiman, Air Minum dan Sanitasi (PPAS).

LENSAKALTENG. com – Kuala Kurun – Pj Sekda Gunung Mas Richard, mengimnau Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat, untuk serius menangani masalah sanitasi.

“Diharapkan semua SOPD terkait dengan sanitasi benar-benar serius dalam merencanakan program/kegiatan di daerah beresiko berdasarkan skala prioritas dengan dokumen pemutahiran Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota (SSK) akan menjadi acuan dalam perencanaan dan implementasinya,” kata Richard, Kamis (7/9/2023).

Disebutkan Richard, ada enam daerah di Kabupaten Gunung Mas yang terindentifikasi beresiko sangat tinggi di bidang sanitasi yaitu Kecamatan Tewah, Kecamatan Damang Batu, Kecamatan Miri Manasa, Kecamatan Rungan Hulu, Kecamatan Manuhing Raya, dan Kecamatan Rungan Barat.

Dikatakan, sanitasi sebagai salah satu aspek pembangunan memiliki fungsi penting dalam menunjang tingkat kesejahteraan masyarakat, karena berkaitan dengan kesehatan, pola hidup, kondisi lingkungan permukiman serta kenyamanan dalam kehidupan sehari – hari.

“Pembangunan sanitasi meliputi bidang pelayanan air limbah, persampahan, drainase. yang ini semuanya merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus tersedia dan merupakan tanggung jawab kita bersama,” paparnya.

Adapun percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) diarahkan untuk menciptakan lingkungan kondusif yang dapat mendukung terciptanya percepatan pembangunan sanitasi melalui advokasi, perencanaan strategis, dan implementasi yang komprehensif dan terintegrasi.(Red/Don/*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: