Optimalisasi Ekonomi Kreatif dalam Pertumbuhan Ekonomi

  LENSAKALTENG. com - Kuala Kurun - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas, menggelar kegiatan singkronisasi indikator makro daerah/ sos

Enam Dinas Ajukan Revisi Anggaran
Jaya S. Monong Dampingi Kapolda Kalteng Tinjau Vaksinasi Anak
Berada di Urutan 14, Gumas Genjot Percepatan Vaksinasi

 

Foto: Kegiatan sikronisasi indikator makro daerah/ sosialisasi data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Gunung Mas.

LENSAKALTENG. com – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas, menggelar kegiatan singkronisasi indikator makro daerah/ sosialisasi data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Gunung Mas.

Adapun kegiatan yang mengambil tema optimalisasi sektor ekonomi kreatif dalam pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Gunung Mas tersebut, dilaksanakan di aula Bappedalitang, Senin (2/10/2023).

Dalam kesempatan itu Kepala Bappedalitang, Gunung Mas, Yantrio Aulia melalui Kepala Bidang Perekonomian, Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Yeremia Dodi mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk memberikan gambaran pertumbuhan ekonomi di kabupaten setempat.

“Terutama dalam wujud angka-angka yang dihasilkan dari perhitungan berdasarkan berbagai pendekatan. Baik pendekatan produksi, pendapatan maupun pengeluaran secara kaidah statistik,”ungkap Yeremia Dodi.

Kemudian lanjut dia, melalui kegiatan itu untuk melihat bagaimana perspektif sektor ekonomi kreatif dapat menciptakan kemajuan dan kesejahteraan dengan kemampuannya menyerap tenaga kerja.

“Dengan begitu, pendapatan masyarakat akan bertambah yang pada akhirnya mampu mengurangi pengangguran dan secara jangka panjang akan mengurangi kemiskinan di masyarakat, serta menjadikan ekonomi kreatif berperan sebagai pendorong perkembangan dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,”terangnya.

Lebih dalam Yeremia Dodi menyampaikan, sebagai gambaran PDRB merupakan potret perekonomian suatu daerah. Dari data PDRB kita dapat memiliki citra jumlah keseluruhan nilai tambah barang dan jasa yang dihasilkan dari semua kegiatan perekonomian di seluruh wilayah.

Karena itu jelas dia, dalam pemberdayaan masyarakat yang mengedepankan ekonomi kreatif, maka perlu menggali dan mengasah potensi kreativitas dan inovasi yang terwujud dalam penemuan-penemuan baru dalam individu masyarakat.

“Ekonomi kreatif dipandang sebagai salah satu alternative yang tepat dalam mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat,”demikian paparnya.

Sementara itu dalam kegiatan itu sendiri menghadirkan pembicara yakni Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Gunung Mas, Waras yang memaparkan berbagai hal terkait gambaran PDRB di Gunung Mas.(Red/Don/*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: