Perlu Terobosan Pengelolaan Sampah

LENSAKALTENG. com - Palangka Raya - Sampah masih menjadi masalah di sebagian kota besar, sama halnya dengan Kota Palangka Raya. Dimana pengelolaan

Ini Rekomendasi Banggar kepada Pemkot Palangka Raya
Simulasi PTM Terbatas Musti Menjadi Perhatian Serius
Bentuk Generasi Peduli Kebersihan Lingkungan

Foto : Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung

LENSAKALTENG. com – Palangka Raya – Sampah masih menjadi masalah di sebagian kota besar, sama halnya dengan Kota Palangka Raya. Dimana pengelolaan sampah masih kurang maksimal, terutama sampah plastik.

Menurut Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung, perlu ada terobosan-terobosan dalam hal pengelolaan sampah. Termasuk peran masyarakat perlu dilibatkan dalam berbagai upaya tersebut.

“Tanpa ada penanganan yang tepat, masalah kebersihan ini akan menyebabkan adanya degradasi kualitas lingkungan hidup di sekitar kita. Untuk itu diperlukan inovasi atau terobosan baru dari pemerintah daerah,” katanya, Minggu (1/10/2023).

Terlepas dari itu, Nenie
mengingatkan kepada pemerintah dan masyarakat bahwa sangat penting untuk diterapkannya konsep pengelolaan sampah yang berkelanjutan, sebagai salah satu turunan dari konsep pembangunan yang berwawasan lingkungan.

“Maksudnya bisa diartikan sebagai suatu upaya menggunakan sumber daya materi secara efisien untuk mengurangi sampah yang dihasilkan. Tentu dengan penanganan aktif yang berkontribusi tak hanya pada bidang ekonomi, namun juga sosial dan tujuan pembangunan,”ungkapnya.

Legislator dari PDI Perjuangan ini menyadari, bahwa kendala yang dihadapi dalam mengatasi permasalahan sampah tidak ringan. Antara lain masih rendahnya kesadaran bersama untuk melakukan upaya pengelolaan lingkungan secara terpadu dan swakelola.

“Masyarakat harus sadar untuk proaktif mengurangi dan memilah sampah dari sumbernya. Hal ini mengingat terbatasnya kemampuan pemerintah daerah untuk menyiapkan tempat pengelolaan sampah secara terpilah,”pungkasnya.(Red/Dn/*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: