Dinkes Gelar Rakor Pencegahan Pengendalian Penyakit DBD

Foto : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, dr Jimmy WS Hutagalung. Lensakalteng.com - Tamiang Layang - Dinas Kesehatan Kabupaten Bar

Bupati Barito Timur Instruksikan Siaga dan Tingkatkan Koordinasi
Sekwan Bartim Terima Kunjungan Kerja Anggota DPRD Balangan
Warga Pendatang Wajib Urus Identitas Kependudukan Barito Timur

Foto : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, dr Jimmy WS Hutagalung.

Lensakalteng.com – Tamiang Layang – Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur menggelar rapat koordinasi lintas sektor dan lintas program dalam pencegahan pengendalian penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di aula hotel ade Tamiang Layang.

Kegiatan ini diikuti oleh Camat dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Barito Timur dan perwakilan Kepala Desa, Kelurahan dan tokoh agama.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, dr. Jimmy WS Hutagalung mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk pencegahan dan pengendalian penyakit menular DBD di Kabupaten Barito Timur.

“Pertemuan dalam rangka sosialisasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam menanggulangi wabah virus DBD yang B sedang melanda beberapa wilayah di Barito Timur,” kata Jimmi, Kamis (18/1/2023).

Kadis menerangkan, untuk memberantas penyakit ini diperlukan pembinaan peran serta masyarakat yang terus menerus dalam memberantas nyamuk penularannya dengan cara 5M Plus yaitu, menguras tempat penampungan air, menutup (TPA), menutup TPA dan mengubur/ menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan, plus cara lainnya dengan menanam tanaman yang dapat mengusir nyamuk di sekitar rumah, bangunan, memelihara ikan pemakan jentik pada tempat TPA yang sulit dikuras dan memasang ovitrap penangkap nyamuk di dalam maupun diluar rumah.

Selain memberikan pemahaman dalam upaya pencegahan DBD, Kadis menghimbau kepada masyarakat apabila ada gejala-gejala terkena virus DBD agar segera membawa kapabilitas kesehatan untuk segera periksa dan diobati.

“Sekali lagi saya harapkan agar menjaga lingkungan agar tetap bersih. Semoga melalui kegiatan ini wabah DBD bisa ditanggulangi,” demikian. (ags)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: