Disdik Dorong Pelajar Se-Kalteng Jangan ‘Golput’ Gunakan Hak Pilihnya

PALANGKA RAYA, LensaKalteng.com - Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Muhammad Reza Prabowo menyampaikan, terdapat 62

Siswa SMAN 1 MHU Juarai Lomba Musikali Puisi
Meriahkan Sumpah Pemuda, SMPN 4 Sampit Buka Pameran
Berharap Vaksinasi Anak di Kotim Berjalan Sukses

FOTO : Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Muhammad Reza Prabowo.

PALANGKA RAYA, LensaKalteng.com – Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Muhammad Reza Prabowo menyampaikan, terdapat 62.329 siswa/i di Kalteng, baik itu kelas 11 dan kelas 12 atau bahkan kelas 10, yang berusia 17 tahun sampai 21 tahun ke atas.

Berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Pelajar yang berusia 17 tahun ada 28.000, 18 tahun 22.000, 19 tahun 7.000, 20 tahun ada 2.000, 21 tahun keatas ada 893, sehingga kurang lebih ada 62.329 pelajar yang berusia 17 tahun ke atas.

“Ini masih menjadi misteri. Dimana, dari 62.329 pelajar ini, berapa persen yang mempunyai KTP masih belum diketahui pasti,” ujar Reza, seusai kegiatan Sosialisasi dan Ikrar Pemilu bagi Pelajar, di SMAN 2 Palangka Raya, Senin (12/2/24).

Kendati demikian, Lanjut Reza mengatakan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dengan KPU terkait hal ini, bagi pelajar yang belum memiliki E-KTP, maka para pelajar SMA/SMK/SLB masih tetap bisa menggunakan Hak Suara, asalkan sudah tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 yang bisa dilihat atau dicek secara online/daring di dptonline.kpu.go.id.

Ia menyampaikan angka partisipasi pemilu pada generasi muda harus terus ditingkatkan, melalui kegiatan ini diharapkan mampu mendorong minat generasi muda untuk mencoblos.

“Kita akan terus melakukan sosialisasi kepada para pelajar terkait dengan pemilihan umum yang sebentar lagi akan berlangsung,”

“Bagi generasi muda jangan tidur saat hari pencoblosan, mari berbondong-bondong ke tps, kita gunakan hak pilih kita, karena satu suara sangat berarti untuk kemajuan Indonesia,” tandasnya. (Adyy/YD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: