H-6 ‘Pencoblosan’ Kesiapan Pemprov Kalteng Hadapi Pemilu 2024 Mencapai 90 Persen

PALANGKA RAYA, LensaKalteng.com - H-6 hari pencoblosan (pemberian hak pilih, red) pada Pemilu yang akan dilaksanakan pada14 Februari 2024, Pemerinta

Sekda Kalteng Serahkan Rumah Layak Huni
Dewan Harapkan Para CJH Jadi Haji Yang Mambrur
Sekda Bartim yang Baru Diharapkan Bekerja Kompak

Foto ꞉ Plh. Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Setda Prov. Kalteng Herson B. Aden (ditengah) bersama Kepala Badan Kesbangpol, perwakilan dari KPU, Bawaslu, dan Forkopimda

PALANGKA RAYA, LensaKalteng.com – H-6 hari pencoblosan (pemberian hak pilih, red) pada Pemilu yang akan dilaksanakan pada14 Februari 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah melakukan monitoring terkait persiapan pemilu di seluruh kota/kabupaten se-Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam rapat yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalteng guna membahas persiapan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 di wilayah Kalimantan Tengah, maka diketahui bahwa kesiapan telah mencapai 90 persen. Demikian hal itu disampaikan Kepala Badan Kesbangpol Kalteng Katma F. Dirun, Rabu (07/02/2024).

Menurut Katma, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengkomunikasikan terkait persiapan yang sudah dilakukan, sedang dilakukan dan mungkin belum dilakukan oleh masing-masing Desk Pilkada di kabupaten/kota.

“Kita berharap, melalui rapat ini  dapat mengkomunikasikan apabila ditemui masalah-masalah yang ada di lapangan, maka secara bersama-sama akan mencarikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut secepatnya”, ujar dia, Rabu (07/02/24).

Hal senada, Plh. Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Setda Prov. Kalteng Herson B. Aden yang juga merupakan Wakil Ketua Desk Pemilu Prov Kalteng menekankan pada Tanggal 14 Februari 2024 mendatang, keamanan menjadi hal yang paling diutamakan karena jumlah pemilih di Kalteng yang cukup besar.

“Kami dari provinsi, Bapak Gubernur mengharapkan pelaksanaan pemilu di wilayah Kalteng dapat berjalan dengan aman. Pemilu ini adalah pesta demokrasi yang kita harapkan di dalam pesta ini tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan”, tutur Herson.

Ia menegaskan perkembangan persiapan pemilu di seluruh Kabupaten/Kota Kalteng sudah mencapai 80-90 persen.

“Dari 13 kabupaten dan 1 kota dilaporkan bahwa persiapan pemilu sudah mencapai 80-90 persen, tinggal proses distribusi logistik pada tanggal 10 Februari 2024”, ucapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kalteng Dwi Swasono menyampaikan ketersediaan logistik yang sudah siap dikirim dari gudang TPU menuju ke TPS sudah mencapai 99 persen, dimana satu persennya menunggu sebagian logistik ketika dalam proses ada yang rusak atau minta penggantian.

“Kami telah melakukan mitigasi sebaik-baiknya agar dapat mengantisipasi ketika terjadi hujan dan sebagainya, baik terkait dengan packingnya maupun sarana transportasi,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan terkait penyelenggaraan pemilu ditingkat KPPS, sampai dengan pelantikan Tanggal 25 Januari 2024, rekrutmen KPPS sudah dapat terpenuhi.

“Penguatan kemampuan KPPS sudah dilakukan dengan menggelar Bimtek serta pemberian penguatan setiap waktu melalui pendekatan media sarana media sosial dalam hal ini dibuatkan Group WhatsApp sehingga bisa menjangkau langsung terhadap Ketua KPPS”, jelasnya.

Di tempat yang sama, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Prov. Kalteng Nurhalina yang mengatakan terkait dengan tahapan kampanye yang akan berakhir pada Tanggal 9 Februari 2024, dan akan memasuki masa tenang pada Tanggal 10 Februari 2024 s.d. 13 Februari 2024.

“Berdasarkan data yang ada, alat peraga kampanye di Kalteng ada sekitar 30.000 tersebar di kabupaten/ kota se-Kalteng. Dikarenakan jumlahnya ribuan, jadi dibutuhkan perhatian juga dari SKPD di provinsi maupun kabupaten/ kota sehingga pada masa tenang tidak ada kegiatan kampanye”, pungkasnya. (Adyy/YD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: