Penting untuk Gelorakan Semangat Bela Negara

LENSAKALTENG.Com - Palangka Raya - Muncul pertanyaan, mengapa saat ini edukasi dan sosialisasi bela negara selalu mengemuka di tengah kondisi keam

Riban : Perbaikan Infrastruktur Jalan Dilakukan Perlahan-lahan
Warga Rindu Festival Budaya Isen Mulang 
Perkuat Sinergitas, Dandim 1016 Kunjungi Pengadilan Negeri

Foto: Kegiatan latihan pemantapan dan sosialisasi bela negara bagi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Palangka Raya tahun 2024, Selasa (7/5/2024).

LENSAKALTENG.Com – Palangka Raya – Muncul pertanyaan, mengapa saat ini edukasi dan sosialisasi bela negara selalu mengemuka di tengah kondisi keamanan negara yang masih kondusif. Pertanyaan itu tidak sepenuhnya salah, namun sejatinya memperkuat rasa nasionalisme dan semangat patriotisme warga negara di era saat ini penting untuk digelorakan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Forum Bela Negara (FBN) Kota Palangka Raya, Mambang I Tubil pada kegiatan latihan pemantapan dan sosialisasi bela negara bagi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Palangka Raya tahun 2024, Selasa (7/5/2024).

Menurut Mambang, bentuk bela negara itu tdak lain dengan mewujudkan rasa cinta pada tanah air.

Terlebih banyak cara untuk mengimplementasikan semangat bela negara di zaman saat ini. Seperti tekun belajar, sikap tolong-menolong, memerangi narkoba, peduli, membantu pemerintah dan lain-lainnya.

“Intinya, bela negara adalah tindakan warga negara dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan negara. Makna penting bela negara berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945,” jelasnya.

Pada hakikatnya lanjut Mambang, kesadaran bela negara di zaman saat ini muncul dan dibangun dari hati nurani, prilaku dan sikap individu masing-masing. Terutama di tengah berbagai ancaman pada bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan negara.

“Kemajuan teknologi saat ini bisa saja menjadi ancaman dalam banyak hal. Maka itu tugas generasi muda termasuk anggota Paskibraka untuk menyampaikan kebenaran, kejujuran, dan sportifitas, serta memberi edukasi yang tepat sehingga masyarakat dan generasi penerus tidak mudah terpengaruh,” paparnya.

Adapun kegiatan latihan dan sosialisasi bela negara itu dilaksanakan di halaman kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palangka Raya. Kegiatan dihadiri jajaran Badan Kesbangpol Kota Palangka Raya, pengurus FBN Kota Palangka Raya, pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Palangka Raya, dan para calon Paskibraka Kota Palangka Raya tahun 2024.(Red/Vd/*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: